Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

MediaTek Luncurkan Chipset Gaming Helio G35 dan G25

Perusahaan semikonduktor global, MediaTek Inc. meluncurkan dua cip terbarunya dalam seri G yang berfokus pada smartphone gaming.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  10:39 WIB
Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini secara cerdas mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik.  - MediaTek.
Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini secara cerdas mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik. - MediaTek.

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan semikonduktor global, MediaTek Inc. meluncurkan dua cips terbarunya dalam seri G yang berfokus pada smartphone gaming.

Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek, Yenchi Lee mengarakan bahwa cip MediaTek Helio G25 dan G35 mengedepankan teknologi gim MediaTek HyperEngine untuk kinerja yang lebih cepat dan lancar, efisiensi daya yang lebih tinggi, dan grafis luar biasa.

“Cip-cip baru ini membuat anda tetap terhubung dan menawarkan pengalaman gaming dengan latensi paling rendah. Cip-cip ini juga menawarkan fitur-fitur pencitraan yang lebih baik, menjadikannya sangat cocok untuk penggemar fotografi dan gamer,” jelasnya lewat rilis resminya, Selasa, (30/6/2020).

Menargetkan basis pengguna ponsel pintar global, Lee mengklaim bahwa cip-cip baru ini memampukan pembuat perangkat untuk mendesain smartphone inovatif dan kaya fitur di harga yang kompetitif.

Mobile gaming merupakan cara yang sekarang dipilih untuk hiburan di berbagai segmen pasar, dan MediaTek memperluas seri G untuk memenuhi kebutuhan yang besar akan smartphone gaming mainstream dengan harga bersaing,” katannya.

Untuk menggenjot pengalaman gaming yang mumpuni, dia menjelaskan bahwa cip tersebut ditenagai CPU Arm Cortex-A53, beroperasi hingga 2GHz untuk MediaTek Helio G25 dan 2,3GHz untuk G35.

“Cip-cip ini mengedepankan GPU IMG PowerVR GE8320, dengan kecepatan hingga 650MHz untuk G25 dan 680MHz untuk G35. Kedua cip memiliki efisiensi daya optimal berkat proses produksi FinFet 12nm tingkat lanjut, yang digabungkan dengan pengelolaan daya cerdas MediaTek HyperEngine untuk umur batere panjang dan efisiensi daya, bahkan ketika bermain game dalam waktu lama tanpa henti,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa kedua cip tersebut mengedepankan MediaTek HyperEngine, untuk pengelolaan cerdas akan sumber daya yang memastikan kinerja lancar, bahkan dalam aksi paling berat.

“Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini secara cerdas mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik, memastikan koneksi tanpa lag. MediaTek HyperEngine juga memungkinkan pengguna untuk menunda panggilan ketika bermain gim, mencegah putusnya koneksi atau berhentinya permainan untuk menerima panggilan,” paparnya.

Selain untuk kebutuhan gim, cip ini juga mendukung ponsel pintar multi-kamera dan memiliki mesin kedalaman perangkat keras untuk fotografi boleh kamera ganda.“G25 mendukung kamera tunggal hingga 21MP di 30fps, sementara G35 mendukung hingga 25MP dan fitur-fitur kamera AI termasuk efek bokeh tersimulasi,” jelasnya.

Cip tersebut dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang diklaim dapat mengurangi video melengkung (‘efek jello’) ketika merekam aksi cepat atau video panning.

Lee menjelaskan bahwa untuk keluarga MediaTek Helio G yang terdiri dari solusi gaming terdiri dari seri G90 (chipset G90 dan G90T) menargetkan pengguna premium. Kemudian, chipset G85, G80, dan G70 yang menargetkan smartphone kelas menengah.

Sementara itu, MediaTek Helio G25 dan G35 berfokus pada kategori smartphone mainstream dan memperluas jangkauan MediaTek di berbagai segmen pasar. Cip-cip baru ini akan memberdayai berbagai penawaran dari pembuat smartphone utama, yang akan muncul di pasar dalam bulan-bulan mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gim Daring
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top