Aneh, Awan Seperti UFO Menggantung di Kota New Mexico

Newswire
Jumat, 3 Juli 2020 | 08:25 WIB
Awan aneh yang terlihat seperti unidentified flying object (UFO) besar terekam video menggantung di atas Kota New Mexico, Amerika Serikat, pada 23 Juni 2020./dailymail
Awan aneh yang terlihat seperti unidentified flying object (UFO) besar terekam video menggantung di atas Kota New Mexico, Amerika Serikat, pada 23 Juni 2020./dailymail
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Awan aneh yang terlihat seperti unidentified flying object (UFO) besar terekam video menggantung di atas Kota New Mexico, Amerika Serikat, pada 23 Juni 2020.

Awan yang membawa hujan petir itu dipastikan fenomena cuaca yang dikenal sebagai shelf clouds yang terbentuk ketika badai dingin bertabrakan dengan udara lembap yang hangat.

Dalam video itu tampak Matahari terbenam di kejauhan dengan latar kilat yang menyambar-nyambar dari awan besar berbentuk cakram tersebut. Dilaporkan kalau hujan deras juga mengguyur kota itu, angin bertiup kencang, tapi tidak ada kerusakan signifikan.

Peristiwa cuaca yang jarang terjadi itu diabadikan oleh warga setempat bernama Christian Hernandez.

"Matahari terbenam itu indah ketika awan induk yang menakjubkan bergerak lebih dekat ke kota pada sore itu," ujar dia, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (30/6/2020).

Cuaca ekstrem itu secara resmi telah dinamai sebagai jenis awan baru dalam Atlas Awan, Organisasi Meteorologi Dunia, pada 2018.

Menurut glosarium cuaca AccuWeather, shelf clouds merupakan awan berbentuk baji horizontal rendah, yang terkait dengan bagian embusan badai petir.

Formasi shelf clouds sering disalahartikan sebagai tornado. Namun, fenomena ini justru biasanya menjadi indikasi bahwa badai telah mendekat.

Shelf clouds itu terlihat menggantung rendah, yang membuatnya tampak lebih besar. Awan bahkan dapat ditemukan hanya beberapa ratus kaki di atas tanah. 

Pada Juni lalu, awan jenis yang sama dilaporkan meliputi seluruh kota di Wisconsin, juga di Amerika Serikat. Sekitar jam 9:00 pagi, awan yang awalnya tampak seperti ombak datang ke pantai di Verona, menuju ke timur menuju Milwaukee dan Danau Michigan. Milwaukee terletak sekitar 1,5 jam di sebelah timur Verona.

We Energies yang berbasis di Milwaukee mengatakan kepada Journal Sentinel bahwa 14 ribu pelanggan tidak memiliki listrik pada pagi itu. Badai merobohkan dahan pohon dan merusak puluhan tiang yang menghubungkan ratusan kabel listrik.

Menurut Dinas Cuaca Nasional di Green Bay, kira-kira tiga jam timur laut Verona, badai yang tersebar menghantam bagian timur negara bagian itu hingga sore.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper