Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

iPadOS 14 Meluncur, Yuk Intip Fitur Terbarunya

Versi final iPadOS 14 bisa dinikmati pada akhir tahun ini, setidaknya paling cepat pada September 2020.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  18:27 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Selain mengumumkan peluncuran iOS 14 dan MacOS Sur, pada gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 pada Selasa (23/6/2020 Apple juga ikut mengumumkan peluncuran iPad OS 14.

Mengutip Tom's Guide, iPadOS 14 hadir dengan penyegaran antarmuka pengguna (user interface/UI) dan sejumlah fitur terbaru. Selain itu, Apple juga ikut meningkatkan performa dari Apple Pencil di sistem operasi terbarunya itu.

Tampilan antarmuka iPadOS 14 disebut-sebut makin mirip dengan MacOS yang digunakan untuk perangkat desktop. Kolom pencarian di iPadOS 14 dibuat mirip dengan Spotlight di Mac. Kolom pencarian itu berguna untuk menemukan dokumen atau aplikasi lebih cepat.

Adapun, untuk penempatan aplikasi seperti Notes dan Photo juga terletak di menu sebelah kiri, mirip dengan MacOS.

Pembaruan juga diberikan oleh Apple pada aplikasi kalender di iPadOS 14. Kini aplikasi tersebut dibuat terkoneksi dengan tombol toolbar. Demikian halnya dengan aplikasi musik yang muncul secara layar penuh untuk membantu pengguna membaca lirik lagu lebih jelas.

Sebaliknya, notifikasi panggilan telepon yang sebelumnya memenuhi layar dibuat lebih kecil menggunakan pop-up di sisi atas layar. Tujuannya agar tidak mengganggu tampilan layar utama.

Begitu juga dengan notifikasi Siri yang muncul lewat pop-up di sudut layar seperti halnya di iOS 14.

Fitur lainnya yang hadir di iPadOS 14 adalah pengaturan aplikasi e-mail dan browser yang memungkinkan pengguna memilih aplikasi pihak ketiga sebagai aplikasi default.

Sementara itu, untuk peningkatan performa Apple Pencil terdapat pada fitur Scribble yang memungkinkan tulisan tangan diubah menjadi teks. Kemudian penghapusan tulisan atau gambar dibuat lebih mudah, cukup dengan menggores-gores teks untuk menghapusnya.

Sama seperti iOS 14, saat ini iPadOS 14 sudah tersedia dalam versi beta khusus untuk pengembang, menyusul versi beta untuk pengguna pada Juli 2020.

Adapun, untuk versi final kemungkinan besar baru dapat dinikmati pada akhir tahun ini, paling cepat pada September 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget ipad apple ios
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top