Prediksi Suku Maya, Apakah Kiamat Datang Saat Gerhana Matahari?

Rezha Hadyan
Selasa, 16 Juni 2020 | 15:55 WIB
Gerhana matahari total di Sumatra Barat/Antara-Iggoy el Fitra
Gerhana matahari total di Sumatra Barat/Antara-Iggoy el Fitra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut perhitungan kalender Suku Maya kiamat bakal tiba dalam waktu dekat, tepatnya 21 Juni 2020 atau kurang dari sepekan lagi.

Hal tersebut tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang. Terlebih melihat kondisi saat ini yang mana dunia sedang mengalami sejumlah permasalahan.

Mulai dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, ketegangan geopolitik yang melibatkan sejumlah negara, dan bencana lainnya membuat sebagian orang dengan mudahnya menduga jika akhir dari segalanya akan tiba.

Lantas, bagaimana ilmuwan memandang hitung-hitungan ala suku yang tinggal di Semenanjung Yucatan, Amerika Tengah itu?

Hasan Al Hariri, CEO dari Grup Astronomi Dubai menilai dugaan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Juni 2020 sungguh tidak ilmiah dan tidak logis.

Adapun, yang akan terjadi pada tanggal tersebut sebenarnya adalah fenomena langit langka berupa gerhana matahari sebagian. Bulan akan bergerak tepat ke depan matahari dan menutupi 86,31 persen sinarnya ke bumi.

"Dengan kata lain, hanya gerhana matahari parsial dengan cakupan 86,31 persen akan terlihat di Uni Emirat Arab. Ini akan dimulai pada 08:14:47 waktu setempat ketika bulan akan mulai bergerak di depan matahari. Gerhana akan berakhir pukul 11:12:04 pagi," kata Hariri mengutip Gulf News pada Selasa (166/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa fenomena ini merupakan saat yang tepat untuk memberikan edukasi kepada publik agar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Selain itu, fenomena yang tidak akan terjadi dalam 25 tahun ke depan ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk mempelajari dinamika benda-benda langit.

Terakhir Hariri mengimbau masyarakat untuk menggunakan kacamata gerhana matahari berkualitas tinggi untuk melihat fenomena tersebut secara langsung

Dia memperingatkan bahwa matahari akan sangat terang dan memancarkan cahaya intensif. “Ini terlalu berlebihan untuk mata kita. Jadi jika kita melihatnya tanpa perlindungan, penglihatan kita akan rusak, ”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper