Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Falcon 9 Kembali Mengudara Bawa Misi Smallsat Rideshare Pertama

SpaceX melalui akun twitternya mengungkapkan bahwa peluncuran pada Sabtu tersebut akan membawa sebanyak 58 satelit Starlink dan 3 satelit milik Planet Labs.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  14:32 WIB
Roket SpaceX - npr.org
Roket SpaceX - npr.org

Bisnis.com, MANADO- Sudah rindu roket Falcon 9 mengudara? Besok Sabtu 13 Juni 2020 Pukul 5.21 EDT atau 16.21 WIB, roket tersebut dijadwalkan bertolak dari landasan Cape Canaveral, Florida, AS.

SpaceX melalui akun twitternya mengungkapkan bahwa peluncuran pada Sabtu tersebut akan membawa sebanyak 58 satelit Starlink dan 3 satelit milik Planet Labs.

“Ini merupakan peluncuran pertama dari program penerbangan bersama untuk satelit kecil (Smallsat Rideshare Program) SpaceX,” cuitnya, Jumat (12/6/2020).

Smallsat Rideshare Program merupakan misi dengan biaya sekitar US$1 juta. Konsumen yang ikut dalam program peluncuran bersama ini bisa memesan konfigurasi payload seluas 15 inci dan 24 inci. Untuk kendaraan luar angkasa yang cukup besar juga tersedia konfigurasi payload seluas 50 inci yang terletak di bagian paling atas payload tersebut.

Untuk ukuran 15 inci, batas maksimum yang bisa diangkut adalah 454 kilogram, sedangkan untuk ukuran 24 inci batas maksimum mencapai 830 kilogram.

Pada peluncuran Smallsat Rideshare Program pertama ini, Falcon 9 akan membawa 3 satelit milik Planet Labs Inc. yang berbasis di San Francisco, California, AS.

Planet Labs merupakan perusahaan swasta yang melakukan pencitraan bumi. Tujuan mereka adalah untuk memotret keseluruhan Bumi setiap hari untuk memantau perubahan dan menunjukkan tren.

Pada 31 Oktober 2017, Planet meluncurkan enam satelit SkySat 8 hingga 13 dan empat satelit Dove dari Vandenberg Air Force Base di California. Ini merupakan peluncuran SkySat pertama. Sebelumnya, pada 14 Juli 2017, Planet meluncurkan 48 satelit Dove dengan roket Soyuz.

Dalam akun twitternya, Planet Labs mengungkapkan bahwa pada peluncuran kali ini, mereka akan meluncurkan satelit SkySat 16, SkySat 17 dan SkySat 18.

“Hari peluncuran sebentar lagi tiba untuk SkySat 16-18. Menumpang Falcon-9 pada 13 Juni. Ini adalah peluncuran Starlink Rideshare Program pertama mereka,” cuitnya, Jumat (12/6/2020).

Pada 13 Mei 2020, Planet mengumumkan untuk meluncurkan enam satelit SkySat 16 hingga 21 ke orbir rendah bumi pada musim panas ini, dimana 15 satelit SkySat saat ini beroperasi. Dalam pengumumum tersebut, Planet mengungkapkan bahwa keenam SkySat itu akan diluncurkan dua tahap menggunakan Falcon-9.

Tahap pertama yakni SkySat 16-18 yang ditargetkan meluncur pada Juni. Sementara, SkySat 19-21 akan menyusul. Kedua peluncuran akan dilakukan dari Cape Canaveral, Florida, AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

space.com Falcon Pictures
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top