Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Mendapatkan Cuan Dari Podcast

Podcast menjadi hiburan baru yang berkembang di Indonesia beberapa waktu terakhir. Lalu bagaimana cara mendapatkan keuntungan atau pendapatan dari podcast tersebut?
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  15:02 WIB
ilustrasi podcast. - Shutterstock
ilustrasi podcast. - Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA – Siniar atau podcast kini sedang menjadi hiburan baru yang sedang naik daun di Indonesia. Sejumlah artis pun terjun sebagai pembuat konten podcast tersebut. Lalu bagaimana cara mendapatkan cuan dari konten tersebut?

Spotify's Head of Studios for Southeast Asia Carl Zuzarte mengatakan, ke depan potensi para kreator atau isitlahnya podcaster untuk meraih cuan lewat podcast makin tinggi. Hal ini berkorelasi dengan jumlah pendengar yang terus meningkat.

“Kreator dapat memonetisasi podcast dengan berbagai cara, di antaranya dengan sponsorship dan ad placements di dalam episode. Biasanya, ini dikenal sebagai host-read ads. Karena dibacakan secara personal dan sangat kontekstual, podcaster dan pengiklan bisa mengemas kontennya dengan banyak cara untuk melibatkan audiens mereka,” jelasnya, Minggu (7/6/2020).

Spotify pun mencatat, Indonesia adalah salah satu negara yang pasarnya berkembang pesat. Pasalnya, lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.

Hal senada dikatakan oleh Brand and Manager Noice, Thomas. Adapun Noice merupakan platform konten audio Indonesia milik Mahaka Radio Digital.

Thomas melihat bahwa podcast merupakan bisnis masa depan yang menjanjikan. Keistimewaan podcast adalah bisa menjadi second activity. Artinya user bisa mendengarkan sambil mengerjakan hal lain seperti menyetir, memasak, bekerja, dan lainnya.

“Kami akan fokus monetisasi dan berubah menjadi platform UGC (User Generated Content) pada tahun 2021. Karena akan berevolusi menjadi UGC, jadi semua orang bisa submit podcast di NOICE,” jelasnya

Adapun untuk meraih cuan lewat platformnya, Thomas membeberkan bahwa saat ini sejumlah podcaster di NOICE mendapatkan kontrak eksklusif dari pihaknya.

“Tahun depan kami akan membuat ekosistem dalam platform yang dapat mengakomodasi advertiser, konten kreator dan user, sehingga advertiser dapat dengan mudah dan mandiri memasang iklan di platform kami. Begitu juga dengan konten kreator yang akan mendapatkan sharing revenue,” jelasnya.

Menurut laporan Nielsen Februari 2020 jumlah pendengar podcast tumbuh lebih dari 3,6 juta. Bersamaan dengan itu, rata-rata jumlah episode yang didengar per minggu meningkat sebesar 10 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyiaran Spotify Podcast Bisnis.com
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top