Ini Cara Mendapatkan Cuan Dari Podcast

Akbar Evandio
Senin, 8 Juni 2020 | 15:02 WIB
ilustrasi podcast. /Shutterstock
ilustrasi podcast. /Shutterstock
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Siniar atau podcast kini sedang menjadi hiburan baru yang sedang naik daun di Indonesia. Sejumlah artis pun terjun sebagai pembuat konten podcast tersebut. Lalu bagaimana cara mendapatkan cuan dari konten tersebut?

Spotify's Head of Studios for Southeast Asia Carl Zuzarte mengatakan, ke depan potensi para kreator atau isitlahnya podcaster untuk meraih cuan lewat podcast makin tinggi. Hal ini berkorelasi dengan jumlah pendengar yang terus meningkat.

“Kreator dapat memonetisasi podcast dengan berbagai cara, di antaranya dengan sponsorship dan ad placements di dalam episode. Biasanya, ini dikenal sebagai host-read ads. Karena dibacakan secara personal dan sangat kontekstual, podcaster dan pengiklan bisa mengemas kontennya dengan banyak cara untuk melibatkan audiens mereka,” jelasnya, Minggu (7/6/2020).

Spotify pun mencatat, Indonesia adalah salah satu negara yang pasarnya berkembang pesat. Pasalnya, lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.

Hal senada dikatakan oleh Brand and Manager Noice, Thomas. Adapun Noice merupakan platform konten audio Indonesia milik Mahaka Radio Digital.

Thomas melihat bahwa podcast merupakan bisnis masa depan yang menjanjikan. Keistimewaan podcast adalah bisa menjadi second activity. Artinya user bisa mendengarkan sambil mengerjakan hal lain seperti menyetir, memasak, bekerja, dan lainnya.

“Kami akan fokus monetisasi dan berubah menjadi platform UGC (User Generated Content) pada tahun 2021. Karena akan berevolusi menjadi UGC, jadi semua orang bisa submit podcast di NOICE,” jelasnya

Adapun untuk meraih cuan lewat platformnya, Thomas membeberkan bahwa saat ini sejumlah podcaster di NOICE mendapatkan kontrak eksklusif dari pihaknya.

“Tahun depan kami akan membuat ekosistem dalam platform yang dapat mengakomodasi advertiser, konten kreator dan user, sehingga advertiser dapat dengan mudah dan mandiri memasang iklan di platform kami. Begitu juga dengan konten kreator yang akan mendapatkan sharing revenue,” jelasnya.

Menurut laporan Nielsen Februari 2020 jumlah pendengar podcast tumbuh lebih dari 3,6 juta. Bersamaan dengan itu, rata-rata jumlah episode yang didengar per minggu meningkat sebesar 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper