Dropbox Luncurkan Aplikasi Khusus Pengelola Password

Akbar Evandio
Senin, 8 Juni 2020 | 14:09 WIB
Dropbox Password. /GSMarena
Dropbox Password. /GSMarena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dropbox, perusahaan pengelola dan penyedia layanan penyimpanan data dan file, kini merilis aplikasi baru yakni penyimpan dan pengelola kata sandi (password).

Seperti dikutip dari GSMarena, Senin (8/6/2020), aplikasi tersebut bernama Dropbox Password. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store Android.

Aplikasi ini berfungsi sebagai penyimpan beragam kata sandi pengguna yang dapat disinkronisasikan dengan perangkat atau aplikasi lain. Dengan demikian aplikasi ini dapat menjadi jawaban bagi banyak orang yang kesulitan menghafal kombinasi kata sandi di beragam aplikasi atau fungsi lain yang membutuhkan kode khusus keamanan tersebut.

Dalam proses pengelolaannya, Dropbox Password akan menggunakan sistem enkripsi Zero-Knowledge. Sistem tersebut memungkinkan Dropbox mengelola dan melindungi kata sandi pengguna tanpa mengetahui detil kata sandi tersebut.

Alhasil, aspek keamanan aplikasi ini dinilai cukup kuat. Sistem enkripsi tersebut juga memungkinkan Dropbox terlindung dari aksi peretasan.

Hanya saja, aplikasi ini belum dapat digunakan oleh masyarakat secara umum, kendati sudah bisa diunduh di Play Store. Pasalnya, aplikasi ini untuk sementara waktu hanya dapat digunakan oleh phak-pihak yang mendapatkan undangan dari Dropbox.

Di sisi lain, hingga saat ini belum jelas, kapan aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat secara umum.

Kebijakan Dropbox meluncurkan Dropbox Password ini tergolong berani. Pasalnya, pasar di segmen tersebut cukup ketat di mana sejumlah aplikasi lain juga menyediakan jasa serupa. Sebut saja, Dashlane Password Manager, Lastpass Password Manager, Keeppass2Android Password Manager, 1Password dan Google Password Manager.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper