Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Jakarta, Ini Kota dengan Sinyal Video Streaming Paling Lancar

Kota dengan sinyal video streaming paling lancar justru bukan Jakarta
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 01 Juni 2020  |  11:48 WIB
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA— OpenSignal, lembaga pengukur kualitas jaringan merilis hasil pengukuran terbarunya tentang kota di Indonesia yang memiliki sinyal video streaming paling lancar.

Dikutip dari keterangan resminya, Senin (1/6/2020), kualitas jaringan untuk menikmati layanan video streaming di layar ponsel ternyata cukup beragam. Berdasarkan pengukuran 1 Januari hingga 31 Maret 2020, secara nasional, pengalaman menikmati layanan ini berada pada rentang sedang hingga sangat baik.

Analis OpenSignal Hardik Khatri menyebut dari hasil pengukuran didapatkan bahwa pengalaman terbaik untuk melakukan video streaming bukan berada di kota besar di Pulau Jawa melainkan di Kota Sorong, Papua Barat.

“Pengguna di Papua Barat, Kota Sorong menikmati kualitas terbaik video streaming melalui ponsel, diikuti dengan Ambon, Kepulauan Maluku dan Jayapura, Papua—ketiganya masuk dalam kategori peringkat paling baik,” katanya.

Tak heran bila kota besar di Jawa bahkan tak masuk dalam 10 besar pengalaman video streaming terbaik. Hardik menyebut Bekasi, Jawa Barat berada di urutan ke-19 dengan nilai 60,3.

Kemudian, diikuti oleh Surabaya, Jawa Timur dan Badung, Bali pada urutan ke-22 dan 26 secara berturut-turut.

Sementara itu, Jakarta berada di urutan ke-28. Kota besar lain seperti Makassar, Sulawesi Selatan; Palembang, Sulawesi Selatan; Medan, Sumatra Utara juga kota satelit seperti Tangerang dan Tangerang Selatan berada di ujung kategori baik. Kondisi paling parah yakni di urutan paling buncit terdapat Kota Serang dan Kota Bogor, Jawa Barat dengan kualitas sedang.

“Pengguna kami mendapatkan kategori sedang untuk pengalaman video yang artinya kualitas video streaming ditandai dengan waktu memuat yang lebih lamban dan penghentian berkepanjangan terutama pada resolusi lebih tinggi,” katanya.

kualitas pengalaman video

Menurutnya, potret ketimpangan kualitas layanan video di berbagai kota menunjukkan dua hal. Pertama, kompetisi operator seluler. Ketatnya persaingan di kota tertentu memengaruhi kualitas jaringan dan pengalaman video.

Kedua, permintaan harian para pengguna seluler. Konsumen yang semakin boros data akan menyerap kapasitas jaringan.

“Kendati secara umum operator cenderung berkonsentrasi pada jaringannya dan peningkatan kapasitas di kota besar, kerap kali pengembangan itu tak bisa mengikuti perkembangan permintaan konsumsi data di daerah padat penduduk, konsumen yang melek teknologi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operator seluler jaringan internet
Editor : Duwi Setiya Ariyanti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top