Konferensi Video Dongkrak Trafik Data 3 Indonesia saat Lebaran

Akbar Evandio
Kamis, 28 Mei 2020 | 12:49 WIB
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri./dok. Tri Indonesia
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri./dok. Tri Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutchison 3 Indonesia mencatatkan peningkatan pada lalu lintas data hingga 57 persen pada hari raya Idulfitri 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Muhammad Danny Buldansyah menyatakan bahwa peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo.

“Sebagai contoh, penggunaan Zoom meningkat hingga 87 persen pada hari pertama Idul Fitri 1441 H jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri,” tuturnya lewat siaran persnya, Kamis, (28/5/2020).

Menurutnya, jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada hari Idulfitri terjadi sebesar 19 persen, dan jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idulfitri terjadi sebesar 8 persen.

Sementara itu, untuk layanan SMS dan Voice mengalami penurunan sekitar 20 persen untuk pesan singkat (SMS) dan 40 persen persen untuk panggilan suara (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi,” jelasnya.

Danny mengungkapkan antisipasi yang dilakukan pihaknya adalah optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro untuk menjaga koneksi pelanggan  selama Hari Raya Idulfitri.

“Sebelumnya, kami juga telah melakukan upaya peningkatan jaringan di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia. Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 35 POI di Kalimantan dan Sulawesi,” terangnya.

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, Danny mengatakan bahwa pihaknya telah membangun  2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumah sakit rujukan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper