Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sepakat! Ericsson dan Indosat Kerja Sama hingga 5 Tahun

Ericsson (ERIC) dan Indosat Ooredoo (ISAT) menandatangani perjanjian kerja sama berdurasi 5 tahun untuk meluncurkan Ericsson Operations Engine untuk pasar Indonesia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  12:42 WIB
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Ericsson (ERIC) dan Indosat Ooredoo (ISAT) hari ini, Rabu (13/5/2020) menandatangani perjanjian kerja sama berdurasi 5 tahun untuk meluncurkan Ericsson Operations Engine, mesin dengan model data berbasis artificial intelligence (AI) yang berfokus pada konsumen di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com (13/5/2020), per Juli 2020 Ericsson akan menerapkan teknologi otomatisasi, machine learning dan teknologi AI untuk meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pengguna, serta mengelola pusat operasi jaringan Indosat Ooredoo dan kegiatan pemeliharaan lapangan di seluruh Indonesia.

Adapun, kontrak baru ini merupakan perluasan dari kerja sama yang telah terjalin lama antara Ericsson dengan Indosat Ooredoo di Indonesia.

Kerja sama ini dinilai akan meningkatkan investasi global Ericsson dalam pemutakhiran teknologi jaringan terotomatisasi guna mendorong daya saing Indosat Ooredoo serta semakin meningkatkan efisiensi dalam hal operasional, energi, dan biaya, dan kemampuan jaringan lebih kuat.

Dengan mengadopsi keahlian tingkat global dan praktik terbaik Ericsson, pelanggan Indosat Ooredoo dinilai dapat terus menikmati layanan kelas dunia sementara operator telekomunikasi dapat fokus memberikan nilai yang lebih besar kepada para pemegang sahamnya. 

Chief Operation Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan Indosat Ooredoo telah melakukan peningkatan jaringan secara signifikan pada 2019.

Melalui kerja sama dengan Ericsson, perusahaan dikatakan dapat membangun pengaturan operasi jaringan yang efisien dan sepenuhnya otomatis dengan teknologi AI terbaru, sistem analitik berbasis data & platform machine learning, yang berfokus pada mutu layanan dan pengalaman pengguna.

"Kami yakin model baru ini akan membantu perusahaan mengelola peningkatan kebutuhan dan harapan pelanggan dengan lebih baik,” ujar Sinha.

Country Head Ericsson Indonesia Jerry Soper menambahkan kontrak tersebut merupakan bukti kepercayaan yang berkelanjutan terhadap produk dan solusi end-to-end perusahaan untuk operasi jaringan Indosat Ooredoo.

"Kami akan terus mendorong pengetahuan (insights) berbasis data untuk memberikan kinerja lebih baik, yang berfokus pada pengalaman pengguna,” katanya.

Di Indonesia, Indosat Ooredoo dan Ericsson telah menjalin kerja sama dalam hal teknologi mencakup 2G, 3G, 4G dan uji coba 5G secara langsung baru-baru ini. Adapun, solusi Ericsson menyediakan akses ke pemutakhiran dan peningkatan teknologi berkelanjutan bagi pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top