Sepakat! Ericsson dan Indosat Kerja Sama hingga 5 Tahun

Rahmad Fauzan
Rabu, 13 Mei 2020 | 12:42 WIB
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Karyawan melayani pelanggan di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (2/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ericsson (ERIC) dan Indosat Ooredoo (ISAT) hari ini, Rabu (13/5/2020) menandatangani perjanjian kerja sama berdurasi 5 tahun untuk meluncurkan Ericsson Operations Engine, mesin dengan model data berbasis artificial intelligence (AI) yang berfokus pada konsumen di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com (13/5/2020), per Juli 2020 Ericsson akan menerapkan teknologi otomatisasi, machine learning dan teknologi AI untuk meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pengguna, serta mengelola pusat operasi jaringan Indosat Ooredoo dan kegiatan pemeliharaan lapangan di seluruh Indonesia.

Adapun, kontrak baru ini merupakan perluasan dari kerja sama yang telah terjalin lama antara Ericsson dengan Indosat Ooredoo di Indonesia.

Kerja sama ini dinilai akan meningkatkan investasi global Ericsson dalam pemutakhiran teknologi jaringan terotomatisasi guna mendorong daya saing Indosat Ooredoo serta semakin meningkatkan efisiensi dalam hal operasional, energi, dan biaya, dan kemampuan jaringan lebih kuat.

Dengan mengadopsi keahlian tingkat global dan praktik terbaik Ericsson, pelanggan Indosat Ooredoo dinilai dapat terus menikmati layanan kelas dunia sementara operator telekomunikasi dapat fokus memberikan nilai yang lebih besar kepada para pemegang sahamnya. 

Chief Operation Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan Indosat Ooredoo telah melakukan peningkatan jaringan secara signifikan pada 2019.

Melalui kerja sama dengan Ericsson, perusahaan dikatakan dapat membangun pengaturan operasi jaringan yang efisien dan sepenuhnya otomatis dengan teknologi AI terbaru, sistem analitik berbasis data & platform machine learning, yang berfokus pada mutu layanan dan pengalaman pengguna.

"Kami yakin model baru ini akan membantu perusahaan mengelola peningkatan kebutuhan dan harapan pelanggan dengan lebih baik,” ujar Sinha.

Country Head Ericsson Indonesia Jerry Soper menambahkan kontrak tersebut merupakan bukti kepercayaan yang berkelanjutan terhadap produk dan solusi end-to-end perusahaan untuk operasi jaringan Indosat Ooredoo.

"Kami akan terus mendorong pengetahuan (insights) berbasis data untuk memberikan kinerja lebih baik, yang berfokus pada pengalaman pengguna,” katanya.

Di Indonesia, Indosat Ooredoo dan Ericsson telah menjalin kerja sama dalam hal teknologi mencakup 2G, 3G, 4G dan uji coba 5G secara langsung baru-baru ini. Adapun, solusi Ericsson menyediakan akses ke pemutakhiran dan peningkatan teknologi berkelanjutan bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper