Aplikasi Pencatat Dosa dan Pahala Hilang Di Play Store

Aplikasi pencatat dosa dan pahala yakni Raqib Atid kini tidak lagi bisa ditemukan di Play Store.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  12:53 WIB
Aplikasi Pencatat Dosa dan Pahala Hilang Di Play Store
Tampilan diagram dan statistik jenis Dosa dan Pahala pada aplikasi Raqib Atid (ANTARA - Arindra Meodia)

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi pencatat dosa dan pahala yang sempat meramaikan media sosial pekan lalu, yakni Raqib Atid, kini tak lagi tersedia di Play Store.

Berdasarkan pengamatan Bisnis, Senin (11/5/2020), aplikasi tersebut tidak muncul lagi di Play Store. Belum diketahui hingga saat ini, apakah aplikasi tersebut ditarik oleh pengembang atau Play Store sendiri.

Seperti diketahui, aplikasi ini menyediakan informasi lengkap mengenai dosa dan pahala dalam agama Islam. Para pengguna dapat melakukan pencatatan dan menambahkan dosa dan pahala yang diperbuatnya ke dalam aplikasi tersebut.

Nantinya, para pengguna dapat mengecek catatan perbuatannya yang masuk dalam kategori pahala dan dosa secara matematis. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut terdapat fitur berupa hasil rekapitulasi pahala dan dosa yang diperbuat pengguna yang ditampilkan secara periodik berupa harian atau Daily, Total dan Statistik.

Sebelumnya, aplikasi ini menuai respons beragam dari pemuka agama Islam. Seperti dikutip dari Antara, Senin (11/5/2030) Ustadz Muhammad Yusron Shidqi, putra bungsu KH. Hasyim Muzadi, menilai melalui aplikasi ini pengguna bisa mengevaluasi diri secara sederhana.

"Aplikasi ini adalah sebuah upaya membantu penggunanya untuk muhasabah (evaluasi diri) secara sederhana, sebagai sebuah simulasi bagaimana penghitungan amal sehingga membuat kita lebih waspada dalam berbuat," kata pria yang akrab disapa Gus Yusron.

Hal senada diungkapkan Ustadzah Arini Retnaningsih. Menurut dia, pengguna boleh menjadikan aplikasi Raqib Atid sebagai sarana bermuhasabah atau mengevaluasi diri, namun tidak berarti menyamakannya dengan catatan yang dimiliki Malaikat Raqib dan Atid utusan Allah SWT.

"Ya kalau cuma dijadikan sarana muhasabah tidak apa-apa. Tapi aplikasi ini beda dengan catatan malaikat pencatat amal dan dosa kita. Malaikat mencatat sampai ke hal-hal kecil yang boleh jadi kita sendiri tidak menyadarinya," tutur Arini yang mengajar kajian Islam di beberapa Madrasah Tsanawiyah kawasan Bogor itu.

Pada aplikasi dimaksud, terdapat dua menu utama yakni dosa dan pahala. Dalam menu dosa, tersedia beberapa jenis tindakan tak baik seperti berbicara kotor, membantah orangtua, ghibah, ingkar janji dan mencuri.

Sementara dalam menu pahala, amalan baik yang dimunculkan antara lain: sholat, dzikir, sedekah, membaca Al-Qur'an berpuasa dan membantu orangtua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi, play store

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top