Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wabah Corona, Pembangunan BTS Operator Jalan Terus

Kendati ada wabah corona, sejumlah operator telekomunikasi mengklaim tidak ada perubahan terkait target pembangunan BTS.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 April 2020  |  07:51 WIB
ilustrasi BTS -  Antara
ilustrasi BTS - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah operator telekomunikasi menyatakan target penambahan base transceiver station (BTS) tahun ini tidak akan banyak terpengaruh oleh adanya wabah corona.  

Salah satunnya PT Hutchison 3 Indonesia yang menargetkan penambahan 8.000 menara BTS pada tahun ini. Wakil Direktur Utama 3 Indonesia Danny Buldansyah menyebutkan sudah ada 1.000 BTS baru yang aktif dan tersebar di seluruh Indonesia sepanjang kuartal I/2020.

 “Sebetulnya di tengah pandemi ini memang ada sedikit perlambatan, tapi justru kami melihatnya prioritas saja yang perlu dibedakan. Makanya, kami memprioritaskan rencana pembangunan BTS di daerah perumahan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa, (21/4).

Danny memastikan penambahan menara BTS akan tetap berlangsung meski ada pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Jabodetabek akibat pandemi virus corona. Penambahan BTS demi meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan pelayanan.

Sementara itu, I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer XL Axiata, menjelaskan bahwa saat ini pembangunan infrasruktur jaringan termasuk pemasangan BTS yang dilakukan XL Axiata masih berjalan sesuai rencana.

“Secara keseluruhan tidak ada perlambatan/penundaaan karena untuk implementasi di lapangan, kami melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait termasuk dengan otoritas pemerintah daerah, aparat yang berwajib, Kominfo dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Darmayusa mengatakan bahwa kemudahan dan kelancaran di lapangan juga dikarenakan telekomunikasi merupakan salah satu dari 8 bidang usaha yang strategis dan dikecualikan untuk tetap beroperasi untuk mendukung kelancaran aktifitas komunikasi masyarakat dan aparat negara dalam situasi saat ini.

“Dan untuk pelaksanaan aktifitas pembangunan di lapangan, kami juga tetap mematuhi dan menerapkan standar operasional kesehatan dan keselamatan yang ditentukan pemerintah,” terangnya.

Di lain pihak, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan bahwa upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan yang juga Telkomsel lakukan adalah dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G.

“Mengoperasikan tambahan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps (6 Tbps) untuk menjamin kelancaran akses data di seluruh Indonesia,” ungkapnya lewat rilis resmi yang diterima Bisnis, Selasa, (21/4/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dalam mengantisipasi kesiapan jaringan, Telkomsel secara konsisten juga tetap melakukan drive test (uji jaringan) secara langsung, dengan total jarak tempuh mencapai sekitar 16.000 km.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bts operator telekomunikasi
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top