Mahasiswa UI Luncurkan Aplikasi EndCorona

Inisiator EndCorona Arya Lukmana, Mahasiswa FKUI angkatan 2018 ini menuturkan, aplikasi EndCorona dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 di Indonesia
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 01 April 2020  |  22:22 WIB
Mahasiswa UI Luncurkan Aplikasi EndCorona
Kampus Universitas Indonesia (UI). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk memudahkan deteksi dini risiko Covid-19, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang berasal dari Fakultas Kedokteran UI (FKUI) dan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) berkolaborasi menciptakan sebuah Platform Penyedia Asesmen Risiko terkena Covid-19 bernama EndCorona.

Inisiator EndCorona Arya Lukmana, Mahasiswa FKUI angkatan 2018 ini menuturkan, aplikasi EndCorona dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 di Indonesia. Salah satunya, fitur asesmen untuk mengetahui kondisi diri sendiri mengenai risiko mengalami Covid-19.

Arya menjelaskan, asesmen ini dapat digunakan untuk mengelompokkan pengguna sesuai kerentanannya mengidap Covid-19 dengan kategori risiko rendah, hati-hati, rentan, sangat rentan. Pengkajian tersebut didasarkan oleh pengkajian mendalam tim pembimbing FKUI-RSCM dari jurnal ilmiah terpercaya serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti.

"EndCorona hadir sebagai kanal informasi dan edukasi untuk membantu masyarakat menemukan pengetahuan yang benar berdasarkan Ilmu Kedokteran, memberikan informasi, situasi terkini, dan mencegah berkembangnya berita hoaks mengenai Covid-19," ujar Arya dalam konferensi pers secara daring, Rabu (1/4/2020).

Awalnya EndCorona dirilis pada 28 Februari 2020 dalam bentuk media sosial di Instagram. Kemudian berlanjut ke pengembangan hingga saat ini telah beranggotakan sebanyak 16 orang.

Oleh sebab itu Arya memerinci dalam pengoperasi ada fitur dalam EndCorona penting bagi masyarakat. Pertama, asesmen kerentanan Covid-19. Kedua, hotline lengkap rumah sakit di Indonesia dan dinkes daerah se-Indonesia. Ketiga, helpline FKUI. Keempat, konten edukasi dan berita terpercaya. Kelima, statistik harian data tracking untuk penelitian. Keunggulan platform ini adalah menggunakan teknologi Cloud sehingga akan cepat dengan downtime hampir tidak ada.

"Kami berharap melalui aplikasi ini, masyarakat dapat menyadari akan risiko mereka terkena Covid-19 dan bertindak sesuai dengan kerentanan masing-masing," sambung Arya.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menyatakan pada situasi dan kondisi saat ini masyarakat membutuhkan informasi mengenai penyakit Covid-19.

"Mudah-mudahan aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi dan upaya bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tuturnya.

Lebih lanjut, Dekan Fasilkom UI Mirna Adriani, Dra., Ph.D menambahkan sangar mengapresiasi dan menghargai waktu yang telah disediakan mahasiswa. Dia menilai EndCorona dapat menjadi contoh kerja sama multidisiplin antar fakultas serta menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi tulang punggung masyarakat untuk membantu meredam kegelisahan masyarakat.

"Diharapkan melalui aplikasi ini, UI turut berkontribusi membantu negara di dalam menyelesaikan permasalahan terkait wabah Covid-19," ungkap Mirna.

Kolaborasi antara mahasiswa FKUI dan Fasilkom UI ini diinisiasi oleh beberapa selain Arya Lukmana yaitu mahasises Fasilkom UI yang terdiri atas Muhammad Fawwaz Syarif dari Sistem Informasi angkatan 2016; Albertus Angga Raharja dari Ilmu Komputer angkatan 2016, Ricky Chandra Johanes dari Sistem Informasi angkatan 2016; Windi Chandra dari Ilmu Komputer angkatan 2016; Muhammad Ashlah Shinfain dari Ilmu Komputer angkatan 2016; Adyanissa Farsya Kirana dari Sistem Informasi angkatan 2016; Eugene Brigita Lauw dari Ilmu Kompurer angkatan 2018; Amrisandha Pranantya Prasetyo dari Ilmu Komputer angkatan 2018, beserta tim dari mahasiswa FKUI yaitu Lubna Djafar angkatan 2018 Sarah Latifa Raharja angkatan 2018, Sania Zahrani angkatan 2018, Violine Martalia angkatan 2019, Irene Audrey D. P. angkatan 2018 Alifia Maharani angkatan 2018, dan Aditya Parawangsa angkatan 2018.

Kolaborasi tersebut disupervisi oleh dokter dan dosen dari FKUI antara lain Prasandhya A. Yusuf, S.Si, M.T., Ph.D dari Departemen Fisika Kedokteran FKUI juga Klaster Medical Technology IMERI, dr. Eric Daniel Tenda, SpPD, FINASIM dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr. Anindya P. Susanto, B.Eng, MM dari Departemen Fisika Kedokteran FKUI dan Klaster Medical Technology IMERI, serta dr. Dewi Friska, MKK dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI.

Kegiatan EndCorona mendapatkan dana dari Hibah Pengabdian Masyarakat UI - IPTEKS bagi Masyarakat 2020 sebagai partisipasi FKUI memberikan solusi menghentikan COVID-19. Platform EndCorona dapat diakses melalui Android, iOS maupun Situs dengan membuka endcorona.fk.ui.ac.id dan/atau endcorona.id serta melalui kanal media sosial Instagram @endcorona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ui, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top