Masyarakat Hindari Bepergian, Unduhan Gim Ponsel Meningkat

Rezha Hadyan
Selasa, 17 Maret 2020 | 00:55 WIB
Ilustrasi-Peserta bermain game online PUBG pada acara Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/12/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi-Peserta bermain game online PUBG pada acara Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/12/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masifnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di berbagai belahan dunia membuat masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal itu mendorong mereka berusaha "membunuh" kebosanan, salah satunya dengan bermain gim di ponsel masing-masing.

Penerbit sekaligus pengembang gim mobile Free Fire, Garena, menyebut terjadi peningkatan unduhan gim mereka yang tersedia di App Store Apple dan PlayStore. Kondisi tersebut berlangsung sejak sejumlah negara memutuskan untuk melakukan karantina sementara (lockdown) guna memutus penyebaran virus Corona.

Salah satu gim besutan Garena yang mengalami peningkatan unduhan adalah Free Fire. Free Fire merupakan gim dengan genre pertempuran atau Battle Royal. Dalam gim terdapat 50 pemain yang terdampar di sebuah pulau terpencil, dan mereka saling mengalahkan satu sama lain.

Game yang dikembangkan dan dirilis Garena ini tersedia di iOS dan Android, dan telah menjadi mobile game nomor satu di 22 negara sejak 14 Januari 2018.

Produser Garena Free Fire Christian Wihananto membenarkan adanya peningkatan unduhan gim tersebut sejak sebagian negara di dunia memutuskan untuk melakukan karantina. Namun, menurut Christian, peningkatan tersebut belum terlalu signifikan.

“Peningkatan [unduhan] ada ya, tetapi untuk angka pastinya berapa perlu saya konfirmasi kembali. Belum terlalu signifikan kenaikannya, tetapi memang ada karena banyak orang yang butuh hiburan untuk membunuh kebosanan saat terpaksa harus di rumah saja,” kata Christian ketika ditemui di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Christian juga belum bisa menjelaskan negara mana saja yang paling banyak melakukan unduhan gim Free Fire. Namun, Christian meyakini bahwa peningkatan unduhan masih akan berlanjut, tak terkecuali di Indonesia.

Sebelumnya, berdasarkan data dari firma analisis aplikasi Sensor Tower diketahui jumlah orang yang mengunduh gim di ponsel melonjak 39 persen pada Februari 2020 secara global. China menjadi negara yang paling berkontribusi pada lonjakan tersebut. Untuk App Store Apple saja, terdapat peningkatan sampai dengan 62 persen untuk unduhan gim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper