Startup Akuntansi Sasar UKM

Akbar Evandio
Kamis, 12 Maret 2020 | 23:38 WIB
Konferensi pers peluncuran konsolidasi Mekari, Rabu (10/4/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
Konferensi pers peluncuran konsolidasi Mekari, Rabu (10/4/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi salah satu sasaran utama perusahaan rintisan (startup) penyedia jasa perangkat lunak akuntansi .

Head of PR & Activation Marketing Mekari Rieka Handayani mengatakan bahwa, saat ini pihaknya tengah menyasar UKM yang bergerak di berbagai bidang usaha, khususnya makanan dan minuman, jasa, distributor, hingga ritel. Adapun, Mekari memiliki startup yang bergerak sebagai penyedia software akuntansi yakni Jurnal.id

Adapun, Rieka melihat bahwa belum meratanya masyarakat Indonesia, khususnya pemilik UKM, yang ‘melek teknologi’ dan memiliki pengetahuan cukup atas dampak penggunaan software menjadi tantangan tersendiri bagi Jurnal

“Karenanya, selain memperkenalkan tentang produk Jurnal.id, kami juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada para pemilik UKM sebagai target audience kami terkait pengaplikasian teknologi dan pengaruhnya terhadap bisnis,” jelasnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (12/3/2020)

Sementara itu, terkait prospek pendanaan dari startup Jurnal.id, Rieka mengatakan bahwa saat ini perusahaan telah memiliki pendanaan yang cukup dari beberapa investor seperti East Ventures dan Mandiri Capital.

Kemudian dari sisi potensi, Rieka melihat potensi pencatatan akuntansi ke depannya akan terus bertumbuh, mengingat saat ini bisnis UKM cepat bertumbuh dan operasional bisnis biasanya masih menghadapi beberapa masalah baik pembukuan, invoice, dan lain sebagainya ika dikerjakan secara manual.

“Automasi dalam pencatatan akuntansi tidak hanya akan memudahkan operasional saja, tetapi bisa menjadi acuan para pemilik usaha untuk mengambil langkah-langkah strategis terkait bisnis ataupun jika membutuhkan pendanaan baru dari bank karena didukung oleh pembukuan yang rapi dan akurat,” jelasnya.

Sebagai informasi, Jurnal.id telah memiliki lebih dari 10.000 pengguna yang tersebar di beberapa kota Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan.

“Hingga saat ini, kami telah bekerjasama dan terintegrasi dengan beberapa mitra POS seperti Moka, Pawoon, Raptor, HelloBill, VendPos dan iSeller, sementara dari sisi bank yang telah bermitra dengan kami adalah Bank Mandiri, BCA, BNI, OCBC NISP, dan CIMB Niaga,” terangnya

Selain itu, Jurnal.id juga telah terintegrasi dengan Klikpajak, software pengelolaan pajak yang juga dibuat oleh Mekari, sehingga membantu pemilik usaha terkait pelaporan pajak usaha dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper