Facebook Akan Perluas Konektivitasnya di Indonesia

Perluasan konektivitas di berbagai daerah menjadi salah satu fokus dari Facebook di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  23:52 WIB
Facebook Akan Perluas Konektivitasnya di Indonesia
Logo Facebook di kantor Facebook Indonesia - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA — Facebok menyatakan komitmennya untuk memperluas konektivitas jaringan internet dan layanannya di Indonesia. 

Ruben Hattari, Head of Public Policy fo Indonesia at Facebook mengatakan hal itu salah satunya dilakukan dengan kerja sama yang dilakukan antara Facebook Connectivity bersama PT. Alita Praya Mitra dalam membangun jaringan infrastruktur fiber optik di Indonesia.

“Kalau kita lihat, konektivitas broadband sudah menjadi kebutuhan masyarakat setiap hari, kita sering mendengar pentingnya Industri 4.0, hal tersebut hanya bisa didorong dengan konektivitas yang jelas dan memadai,” jelasnya kepada Bisnis. Kamis, (12/3/020).

Dia mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi beberapa insentif dan langkah pemerintah, seperti menyediakan Palapa Ring untuk meratakan cakupan broadband di di Indonesia.

Namun, dia menegaskan bahwa tanggung jawan untuk meratakan konektivitas bukan hanya tugas dari pemerintah, melainkan harus dilakukan pelaku usaha.

“Kita semua harus bergandeng tangan untuk merealisasi konektivitas yang bisa dinikmati seluruh rakyat Indinesia,” jelasnya.

Dia mengatakan untuk perluasan konektivitas di Indonesia, terdapat tiga aspek yang menjadi fokus dari Facebook Connectivity. Fokus tersebut dibagi menjadi 3 aspek yaitu, pengalaman, analitik, dan infrastruktur.

“Kami perlu garis bawahi peran kami adalah tidak berambisi untuk menyediakan layanan, soal itu kami serahkan untuk full ke teman-teman [operator dan stakeholder] di sini, kami ingin bermitra untuk mendukung, agar masyarakat Indonesia dapat mendapatkan konektivitas yang memadai,” terangnya.

Dia mengklaim bahwa jejak dari pihaknya di Indonesia telah bermitra dengan beberapa pihak.

“Di 2018 kami bersama XL sudah menjalankan Terragraph untuk memberikan akses internet gratis, kemudian, kami menjalankan inisiatif internet one on one bersama Indosat dan GSMA untuk mendidik pengguna dalam menggunakan internet secara optimal,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
broadband, facebook, konektivitas

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top