Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Smartcity Kabupaten Siak yang Dikonsep Lintasarta

Lintasarta memberikan dukungannya ke Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau dalam rangka menerapkan kota pintar atau smartcity.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 16 Februari 2020  |  15:55 WIB
Smart City. - Bisnis.com
Smart City. - Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Lintasarta memberikan dukungannya ke Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau dalam rangka menerapkan kota pintar atau smartcity.
 
Lintasarta Senior Manager Central Sumatera Area, Zulfahmi menjelaskan dukungan yang diberikan ke Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau antara lain platform smartcity, smart tourism, akses Internet hingga kamera CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau.
 
Zulfahmi menjelaskan pada tahap awal, penerapan smart city di Kabupaten Siak fokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang bernama Skota Data, sekaligus pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi mobile Smart Tourism berbasis android.
 
"Smart City bisa mendukung keputusan strategis dan penyusunan program berkelanjutan dari Pemerintah Kabupaten Siak, seperti untuk event dan pengembangan potensi wisata, monitoring limbah yang mengalir di sungai, monitoring dan langkah antisipasi kebakaran hutan/lahan, yang keseluruhannya ditunjang oleh data berbasis elektronik dan IoT,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (16/2/2020).
 
Secara terpisah, Lintasarta Business Director, Alfi Asman menjelaskan Skota Data merupakan data solusi kota milik Lintasarta yang membantu pihak Pemerintah dalam memberikan layanan smart city terbaik pada masyarakat kota dan daerah. 
 
Skota Data menawarkan solusi menyeluruh yang terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi pada masyarakat. 
 
“Lintasarta fokus untuk membuat Indonesia lebih pintar, kota demi kota. Semakin banyak wilayah Indonesia yang mengimplementasikan smart city, maka akan merangsang daerah lain untuk ikut tumbuh menjadi kota yang lebih pintar sehingga terus berkembang berkompetisi menjadi kota mandiri yang semakin meningkat Pendapatan Asli Daerahnya, dan semakin baik Pelayanan Publiknya,” katanya.
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smart city
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top