Amazon hingga Sony Undur dari MWC 2020 karena Virus Corona

Satu persatu perusahaan teknologi besar dunia mulai mengundurkan diri dari ajang MWC 2020 di Barcelona. Virus novel corona menjadi penyebabnya. Penyelenggara mengapresiasi sejumlah perusahaan yang tidak undur diri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  18:09 WIB
Amazon hingga Sony Undur dari MWC 2020 karena Virus Corona
Pegawai Amazon memeriksa persediaan barang di gerai Amazon Go versi mini di Seattle, Washington, AS, Senin (10/12/2018). - Reuters/Lindsey Wasson

Bisnis.com, JAKARTA - Satu demi satu, berbagai jenama teknologi besar memilih mengundurkan diri dari pameran dagang Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, 24-27 Februari mendatang akibat wabah virus novel corona. Teranyar, Amazon, e-commerce terbesar di dunia, melakukan langkah itu.

Sikap Amazon ini melengkapi sejumlah perusahaan lain yang telah mengundurkan diri terlebih dahulu dengan alasan yang sama. Beberapa di antaranya adalah Sony, NVIDIA, LG, Samsung, dan tentu saja Xiaomi, perusahaan eletronik dari China.

"Karena wabah dan kekhawatiran terus-menerus tentang virus corona baru, Amazon akan menarik diri dari memamerkan dan berpartisipasi dalam Mobile World Congress 2020," tulis Amazon dalam sebuah pernyataan.

Padahal, menurut sejumlah media, teknologi komputasi awan Amazon, Amazon Web Services (AWS), dijadwalkan bakal menjadi tuan rumah pada trek konferensi sehari penuh di hari pertama acara, 24 Februari.

GSMA, asosiasi industri telekomunikasi global sebagai penyelenggara MWC, mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa peserta pameran besar telah memutuskan untuk tidak datang ke pertunjukan tahun ini. Namun, yang lainnya masih memikirkan langkah selanjutnya.

"Kami berterima kasih atas tindakan pencegahan yang dilakukan oleh peserta pameran kami dari Cina, terutama ZTE dan Huawei," tambah GSMA.

Menurut GSMA, di samping langkah pemerintah Spanyol yang melarang semua pelancong dari provinsi Hubei memasuki acara tersebut, setiap pengunjung yang berasal dari Cina perlu menunjukkan bukti bahwa mereka telah berada di luar Cina selama dua minggu sebelum peristiwa.

Peserta juga akan menjalani pemeriksaan suhu dan perlu melakukan sertifikasi bahwa mereka belum melakukan kontak dengan siapa pun yang terinfeksi virus corona.

Sedangkan Sony berpendapat bahwa langkah mereka mundur dari ajang MWC 2020, adalah murni untuk menyelamatkan sejumlah pihak: pelanggan, mitra, media, dan karyawannya.

“Kami mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan pelanggan, mitra, media, dan karyawan kami. Kami telah mengambil keputusan sulit untuk menarik diri dari pameran dan berpartisipasi di MWC 2020 di Barcelona, Spanyol," tulis perusahaan itu dalam keterangannya.

Banyaknya perusahaan dengan jenama besar yang undur diri dari MWC 2020 ini tentu bisa jadi kerugian tersendiri bagi Barcelona. Pasalnya,Acara tersebut biasanya menarik lebih dari 100.000 pengunjung ke Barcelonasaban tahunnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
corona, novel corona virus, coronavirus, virus corona, Virus Corona

Sumber : Tempo.co

Editor : Andya Dhyaksa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top