Gandeng Alibaba Cloud, Telkom dan Indosat Perkuat Bisnis Komputasi Awan

PT Indosat Tbk. dan PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk. memperkuat bisnis komputasi awan (cloud) dengan menggandeng Alibaba Cloud.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Januari 2020  |  00:10 WIB
Gandeng Alibaba Cloud, Telkom dan Indosat Perkuat Bisnis Komputasi Awan
Layar menunjukkan data lalu lintas Kota Hangzhou. Sistem manajemen lalu lintas di kota itu didukung Alibaba Cloud, di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. dan PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk. memperkuat bisnis komputasi awan (cloud) dengan menggandeng Alibaba Cloud.

VP Divisi Whosale Service Telkom Indonesia, Priyono mengatakan bahwa kerja sama yang terjalin antara perseroan dengan Alibaba Cloud bertujuan untuk memperkuat ekosistem komputasi awan di Indonesia.

Dengan memadukan jumlah pelanggan Telkom yang besar dan kapabilitas Alibaba Cloud dalam mengelola komputasi awan, dia berharap digitalisasi di Indonesia dapat berlangsung lebih cepat.

Telkom yang sebelumnya juga telah memiliki sejumlah layanan komputasi awan, diharapkan dapat melaju lebih cepat dalam membangun ekosistem komputasi awan melalui kerja sama yang terjalin dengan Alibaba Cloud, mengingat Alibaba Cloud memiliki pengalaman dan kemampuan dalam mengelola bisnis komputasi awan.   

“Kami tidak hanya berharap pada hadirnya komputasi awan saja, namun juga terbentuknya ekosistem, kalau hanya ada komputasi awan saja, buat apa,” kata Priyono kepada Bisnis di Jakarta, Kamis (16/1).

Melalui kerja sama ini juga, sambungnya, perseroan ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan Telkom melalui hub digital global yang diprakarsai oleh teknologi komputasi awan terbaru milik Alibaba Cloud.

Sementara itu, COO Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan bahwa dengan kerja sama ini, layanan solusi komputasi awan dan data, yang dihadirkan ke pelanggan Indosat akan makin beragam.

Kerja sama ini juga mendorong penetrasi bisnis komputasi awan Indosat, sehingga dapat melayani sektor korporasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) seiring dengan portofolio produk yang makin banyak.

“Dengan kolaborasi ini, Indosat dan Alibaba dapat menjadi pilihan utama untuk solusi IT bagi enterprise dan  UKM di Indonesia,”  kata Vikram.

Sementara itu, Head of Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen mengatakan bahwa kerja sama yang terjalin antara Alibaba Cloud dengan Indosat dan Telkom, tidak hanya sebatas pada pemanfaatan komputasi awan, namun juga mengenai teknologi pemanfaatan hybrid cloud.

Melalui kerja sama yang terjalin, nantinya, produk yang ditawarkan kedua operator makin banyak sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Kerja sama ini bisa dilihat dari berbagi perspektif. Kerja sama ini lebih berfokus pada hybrid cloud. Alibaba Cloud akan memberikan solusi kepada keduanya agar mereka bisa melayani pelanggan ritel dan korporas,” kata Leon.

Dalam kerja sama tersebut, masing-masing perusahaan tidak menyebutkan nilai investasi yang digelontorkan, begitu pun dengan target dari kerja sama ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
komputasi awan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top