Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DANA Sosialisasikan Teknologi Dompet Digital bagi UMKM

DANA, dompet digital dari, oleh, dan untuk Indonesia, terus mensosialisasikan penggunaan teknologi dompet digital dari perusahaan kepada UMKM lewat serangkaian festival ekonomi kreatif yang digelar di Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 27 Oktober 2019  |  03:00 WIB

Bisnis.com, MALANG - DANA, dompet digital dari, oleh, dan untuk Indonesia, terus mensosialisasikan penggunaan teknologi dompet digital dari perusahaan kepada UMKM lewat serangkaian festival ekonomi kreatif yang digelar di Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta.

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA, mengatakan bahwa transaksi digital nontunai masih rendah adopsinya, yaitu sekitar 7% dari keseluruhan transaksi yang terselenggara di Indonesia.

“Kunci dari peningkatan adopsi ini adalah kepercayaan dalam menggunakan dompet digital secara optimal. Maka, keamanan dompet digital DANA menjadi ujung tombak melesatnya penggunaan DANA di Tanah Air,” katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (26/10/2019).

Para pengguna dan pelaku ekonomi kreatif di Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta, kata dia,m tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakan dompet digital DANA karena bukan saja mudah dan efisien, juga sangat aman dan menjamin 100% uang pengguna kembali jika ada kehilangan.

“Hal ini karena kecanggihan teknologi DANA. Dengan keamanan seperti itu, kami yakin akan dapat mentransformasi budaya bertransaksi tunai menjadi budaya bertransaksi nontunai secara digital. Kepercayaan masyarakat hanya dapat dibangun jika kita menjamin keamanan data dan uang mereka,” ungkapnya.

Salah satu contoh optimalisasi fitur canggih yang kini hanya ada di dompet digital DANA adalah fitur Card Binding (penyimpanan kartu debit dan kartu kredit). Fitur ini memudahkan pengguna karena mereka tak perlu lagi repot melakukan top up atau penambahan saldo, karena dapat menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya sebagai sumber dana saat bertransaksi.

Menyimpan dan bertransaksi dengan kartu debit dan kartu kredit di dalam dompet digital DANA bahkan lebih aman ketimbang dengan kartu secara langsung.

“Bagi pengguna, cara ini jauh lebih terjamin keamanannya karena informasi sensitif dan rahasia dari kartu debit dan kartu kredit, seperti nomor kartu dan CVV, terproteksi dari kemungkinan penyalahgunaan oleh pihak lain. Sementara itu bagi pelaku usaha, fitur ini memungkinkan mereka tetap bisa melayani transaksi pembeli tidak tergantung pada nominal saldo di dompet digital DANA pembeli,” ujarnya.

UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di seluruh Nusantara bisa dengan mudah menjadi mitra DANA dan memiliki akun DANA BISNIS dengan mendaftarkan usahanya, mengikuti panduan yang tersedia dalam aplikasi dompet digital DANA.

Untuk menjamin keamanan pengguna, termasuk pelaku UMKM dan industri kreatif, DANA sudah bermitra dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk verifikasi data pengguna dan validasi layanan. DANA juga memiliki sertifikat PCIDSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang merupakan standar keamanan tinggi setingkat keamanan perbankan.

Selain itu, dompet digital DANA dilengkapi dengan teknologi pemindaian yang telah mendukung QR Indonesia Standard (QRIS) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengawasi sistem pembayaran di Indonesia.

“Bagi DANA, kepercayaan pelaku ekonomi kreatif sangat penting karena sektor ini akan menjadi salah satu sektor andalan dan sumber devisa baru bagi perekonomian Indonesia di masa mendatang. Kami berharap kecanggihan dan keamanan fitur-fitur yang ada di dompet digital DANA dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna kami,” katanya.

Pada akhir Oktober ini, DANA dipercaya menjadi infrastruktur transaksi digital bagi pelaku ekonomi kreatif maupun masyarakat pengunjung festival ekonomi kreatif TGIF Makassaryang berlangsung pada 24–27Oktober 2019 di Phinisi Point Mall Makassar, Prize Market Chronicles of Kingdom yang berlangsung pada 24–27 Oktober 2019 di Galaxy Mall Exhibition Center LV6 Surabaya, dan festival yang ditujukan bagi pecinta Manga dan komik di Indonesia yaitu Mangafest9pada 26–27 Oktober 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transaksi online non tunai
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top