Benihbaik.Com Pertemukan Kepedulian Sosial

Indonesia memiliki platform crowdfunding baru yaitu BenihBaik.com. Diluncurkan secara resmi BenihBaik.com di ajang Ideafest, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Dengan Andy F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli selaku tiga orang penggagasnya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  17:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia memiliki platform crowdfunding baru yaitu BenihBaik.com. Diluncurkan secara resmi BenihBaik.com di ajang Ideafest, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Dengan Andy F. Noya, Anggit Hernowo, dan Firdaus Juli selaku tiga orang penggagasnya.

“Tujuan membuat platform ini untuk mempertemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan orang-orang yang ingin berbuat baik untuk membantu sesama,” ujar Andy F. Noya, CEO BenihBaik.com.

Sebab, menurut wartawan senior ini, Indonesia masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. Dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia, 10% masih hidup di bawah garis kemiskinan. Artinya sekitar 26 juta orang masih belum menikmati hidup layak.

Andy menjelaskan berdasarkan pengalamannya di Kick Andy Foundation (KAF), ternyata banyak sekali orang baik yang selama ini ingin mengulurkan tangan, tetapi tidak tahu siapa yang perlu ditolong dan bagaimana cara menolong.

“Di situlah BenihBaik.com berperan menjembatani orang-orang baik tersebut untuk menemukan siapa yang layak mereka tolong. Cara untuk membantu bisa melalui BenihBaik.com,” ujarnya.

Ketika ditanya apa beda BenihBaik.com dengan platform crowdfunding lainnya, Andy menjelaskan BenihBaik.com memiliki dua pilar utama kegiatan. Pertama, pilar yang berkaitan dengan kegiatan sosial.

Siapa saja bisa memanfaatkan wadah ini untuk mencari bantuan atas masalah yang mereka hadapi. Baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, budaya, bencana alam, dan bantuan sosial lainnya. Kedua, pilar yang berkaitan dengan kegiatan usaha, terutama yang berkaitan dengan kewirausahaan sosial (socioprenership).

“Pengusaha-pengusaha kecil bisa memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk mereka sekaligus sarana bagi investor untuk investasi di perusahaan-perusahaan setara UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang kami pilih dan tampilkan di BenihBaik.com. Dengan demikian para pengusaha skala UMKM yang mempunyai dampak sosial juga berpeluang mendapatkan investasi melalui platform ini,” ujar Andy.

Mengenai kemungkinan masuknya investasi dari investor, Andy menjelaskan saat ini BenihBaik.com sedang melakukan bootstrapping untuk pendanaan.

bootstrapping adalah pendanaan awal startup bisa didapatkan dari tabungan sendiri. Bisa dibilang, pendanaan tipe ini merupakan pendanaan paling ideal yang juga dapat menjadi sebuah batu loncatan jika ingin terjun di dunia startup. Pendanaan tipe ini biasa digunakan sebelum suatu startup siap untuk scale up.

“Semakin banyak yang bergabung, semakin banyak investasi yang masuk, maka BenihBaik.com akan semakin besar. Dengan begitu akan semakin besar juga dampak yang bisa kami berikan untuk membantu masyarakat,” ujar pembawa acara Kick Andy ini.

Andy mengaku yakin BenihBaik.com dapat berperan signifikan dalam upaya membantu warga masyaraskat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan karena tahun lalu karkter orang Indonesia yang ringan tangan untuk menolong sesama.

“Tahun lalu Indonesia dinobatkan sebagai the most genereous country oleh World Giving Index 2018 yang dirilis British Charities Aid Foundation di Inggris. Indonesia ditempatkan sebagai negara dengan penduduk yang paling welas asih. Artinya masyarakat Indonesia cenderung suka menolong sesama. Ini yang semakin menguatkan kami.”

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top