BBSI Season 4 Dorong Industri Kreatif Indonesia

Blibli.com, platform dagang el di Indonesia, berupaya mendorong industri kreatif dengan menggerakkan mesin pewirausaha kreatif yang merupakan mesin dari industri melalui Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI)
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Oktober 2019  |  20:43 WIB
BBSI Season 4 Dorong Industri Kreatif Indonesia
Kusumo Martanto, CEO Blibli.com memberi sambutan dalam acara BBSI Season 4 di Jakarta, Sabtu (5/10 - 3019).

Bisnis.com, JAKARTA - Blibli.com, platform dagang el di Indonesia, berupaya mendorong industri kreatif dengan menggerakkan mesin pewirausaha kreatif yang merupakan mesin dari industri melalui Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI)


Diketahui Blibli.com Big Start Indonesia adalah  kompetisi pengusaha kreatif yang telah digelar sejak 2016. Pada season ini, kompetisi diikuti oleh 9.000 peserta dan menyisakan 20 peserta final. 


Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, mengatakan Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen Blibli.com dalam mendorong perkembangan pewirausaha kreatif yang menjadi mesin dari
pertumbuhan industri kreatif. 


Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. 


“Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019,” kata Kusumo di Jakarta, Sabtu (5/10/2019). 


Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan juga pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusa ha kreatif dengan produk lokal. 


Dukungan ini merupakankomitmen jangka panjang Blibli.com untuk terus mendorong perkembangan usaha kreatif dan produk lokal Indonesia Blibli.com Big Start Indonesia. 


Kompetisi wirausaha ini telah menghasilkan pemenang-pemenang yang mampu mengembangkan usaha dari pengalamannya mengikuti kompetisi ini.


'Blibli.com Big Start Indonesia' (BBSI) Season 4 memberikan hadiah uang tunai dengan total nilai Rp 1,3 miliar bagi para pemenang. Pemenang pertama kompetisi akan mendapatkan hadiah senilai Rp500 juta,
pemenang kedua Rp300 juta, pemenang ketiga Rp200 juta dan pemenang keempat Rp100 juta. 


Selain pemenang-pemenang utama, Favorite Winner juga akan mengantongi hadiah senilai Rp 50 juta dan pemenang Editor's Choice Award akan menerima Rp 50 juta.


BBSI Season 4 telah melalui berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. 


Pendaftaran kompetisi ini dibuka selama Juni- Agustus 2019. Terdapat empat kategori yaitu Fashion, Kuliner, Kriya, dan Kesehatan & Kecantikan (KKE) mendaftarkan diri kompetisi ini.


BBSI Season 4 mengkurasi para pendaftar di bulan September menjadi Top 100, yang kemudian dipilih lagi hingga Top 20. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu sudah menjalankan usaha selama minimal satu tahun, memiliki setidaknya dua produk, menampilkan produk inovatif, serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang.


Blibli.com bekerja sama dengan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Catalyst Arts Indonesia dan keempat juri dari setiap kategori untuk mencari para pemenang utama. 


Adapun Para mitra BBSI Season 4 tahun ini adalah Kementerian Perindustrian (Kemenprin), Universitas Prasetya Mulia, BCA, Google, AXA,Kontrak Hukum, JNE, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian, dan Director of Coaching MAESTRO Consulting-Coaching-Communicating Handoko Wignjowargo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
industri kreatif, blibli.com

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top