Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Solusi IoT Telkomsel Hadir di PT KAI

Kerja sama yang dilakukan diharapkan membantu meningkatkan efisiensi di operasional PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 29 September 2019  |  06:27 WIB
Penumpang melintas di samping Kereta Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) yang dioperasikan dengan nuansa tematik kemerdekaan untuk memeriahkan HUT ke-74 Indonesia. - Dok.Daop I Jakarta PT KAI
Penumpang melintas di samping Kereta Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) yang dioperasikan dengan nuansa tematik kemerdekaan untuk memeriahkan HUT ke-74 Indonesia. - Dok.Daop I Jakarta PT KAI

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) perihal pemanfaatan solusi Internet of Things (IoT) Genset Reliability and Availability Monitoring System (GRAMS). 
 
GRAMS merupakan salah satu solusi IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) milik Telkomsel yang berfungsi untuk memantau kondisi genset di kereta pembangkit secara real time, sehingga KAI dapat melakukan pencegahan dan perawatan genset secara tepat. Di samping itu, GRAMS juga memantau efisiensi kelistrikan, kondisi mesin seperti suhu, tekanan oli, rpm, status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi. 
 
Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan implementasi ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia.
 
“Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi  inovatif bisnis korporasi berbasis Internet of Things dari Telkomsel,” paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (29/9/2019). 
 
Dharma menambahkan seakan mendorong efisiensi pada operasional PT KAI, INTANK juga dapat menghadirkan rasa aman dengan adanya sistem diagnosis untuk membantu meminimalisir biaya tidak terduga. 
 
 “Keamanan memang menjadi salah satu faktor penting dalam penerapan teknologi IoT,” ujarnya.
 
Sementara itu, Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto menuturkan kerja sama ini juga bertujuan meningkatkan pelayanan yang prima bagi seluruh pengguna jasa kereta api, sekaligus menjadi salah satu upaya dalam program Digitalisasi di Bidang Sarana (Rollingstock). 
 
Dia berharap ke depannya, semua jenis sarana PT KAI dapat menggunakan solusi IoT milik Telkomsel untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional kereta. 
 
“Telkomsel dapat menjawab kebutuhan kami, dengan kerja sama  ini kami harap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock),” ucapnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai telkomsel
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top