LAPORAN DARI AS: Kolaborasi Oracle & VMware untuk Solusi Hybrid Cloud

Oracle Corporation menjalin kerja sama dengan VMware Inc. (VMW) untuk membantu pelanggan korporasi bermigrasi ke ekosistem penyimpanan data berbasis komputasi awan.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 17 September 2019  |  16:04 WIB
LAPORAN DARI AS: Kolaborasi Oracle & VMware untuk Solusi Hybrid Cloud
Suasana saat Co-Founder sekaligus Chief Technology Officer Oracle Larry Ellison memberikan keynote speech dalam ajang Oracle Openworld 2019 di San Francisco, Amerika Serikat, Senin (16/9/2019). - Bisnis/Lukas Hendra.

Bisnis.com, SAN FRANCISCO — Oracle Corporation menjalin kerja sama dengan VMware Inc. (VMW) untuk membantu pelanggan korporasi bermigrasi ke ekosistem penyimpanan data berbasis komputasi awan.

Dalam kerja sama baru ini, pelanggan dapat mendukung stategi hybrid cloud dengan menjalankan VMware Cloud Foundation pada Oracle Cloud Infrastructure.

Dengan adanya solusi ini, pelanggan akan dapat dengan mudah melakukan migrasi beban kerja VMware vSphere ke infrastruktur komputasi awan Oracle Generasi 2 dan memperoleh keuntungan infrastruktur dan operasi yang konsisten.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Oracle juga akan memberikan dukungan teknis untuk perangkat lunak Oracle yang berjalan di ekosistem VMware baik di pusat data di lokasi pelanggan dan ekosistem cloud bersertifikasi Oracle.

 Don Johnson, Executive Vice President Oracle Cloud Infrastructure, mengungkapkan seiring dengan makin maraknya migrasi ke sistem komputasi awan,  makin banyak pelanggan yang mencari pengalaman VMware yang unggul.

“Kami sangat senang bahwa pelanggan Oracle Cloud akan dapat menjalankan beban kerja VMware di Oracle Cloud dan mempertahankan akses administratif VMware,” katanya, Senin (16/9/2019) waktu setempat.

Dengan demikian, lanjutnya, pelanggan akan dapat memperluas investasi, proses, dan alat-alat VMware yang ada sambil mendapatkan manfaat dari keamanan dan kinerja Oracle Cloud Infrastructure.

Sementara itu, Sanjay Poonen, Chief Operating Officer Customer Operation VMware mengungkapkan kegembiraannya bahwa untuk pertama kalinya Oracle akan secara resmi menawarkan dukungan teknis untuk produk Oracle yang berjalan di VMware.

“Ini adalah [penawaran] win-win untuk pelanggan,” katanya.

Selain itu, dia juga menyambut Oracle ke Program Penyedia VMware Cloud, yang akan memungkinkan mereka untuk bermigrasi dan mengelola beban kerja yang berjalan di VMware Cloud Foundation di Oracle Cloud Infrastructure.

Dengan pengumuman ini, Oracle menjadi mitra dalam Program Penyedia VMware Cloud dan Oracle Cloud Solusi VMware akan dijual oleh Oracle dan mitranya.

Solusi ini akan didasarkan pada VMware Cloud Foundation dan akan memberikan pusat data yang ditentukan perangkat lunak (software-defined datacenter/SDDC) termasuk VMware vSphere, NSX, dan vSAN.

Melalui infrastruktur dan operasi yang konsisten, pelanggan akan dapat melakukan migrasi dan memodernisasi aplikasi, memindahkan beban kerja secara mulus antara ekosistem di tempat dan Oracle Cloud.

Pelanggan akan dapat dengan mudah menggunakan layanan Oracle, seperti Oracle Autonomous Database, Oracle Exadata Cloud Service dan Oracle Database Cloud, yang berjalan di pusat data cloud yang sama, di jaringan yang sama, dengan portal dan API yang konsisten.

Selain itu, pelanggan akan memiliki akses ke dukungan teknis Oracle untuk produk Oracle yang berjalan di ekosistem VMware.

Ketika pernyataan dukungan Oracle diperbarui, itu akan memungkinkan pelanggan untuk mencapai waktu yang lebih cepat untuk menyelesaikan masalah. Oracle akan mendukung pelanggan dengan kontrak dukungan aktif yang menjalankan versi produk Oracle yang didukung dalam ekosistem komputasi Oracle.

Dan Young, Chief Data Architect and Manager of Enterprise Database Administration Universitas Indiana mengungkapkan Oracle dan VMware adalah penyedia teknologi yang mereka andalkan untuk menjalankan organisasi mereka dengan sukses.

“Sebagai pelanggan lama kedua perusahaan, kami senang kemitraan ini menunjukkan bahwa produk Oracle memang didukung. Ini memberi kami kepercayaan yang lebih besar bahwa kami memiliki mitra strategis yang bekerja bersama demi kepentingan terbaik kami untuk membantu memastikan bahwa jika terjadi kesalahan, kami didukung penuh dan akan menghadapi gangguan minimal dalam operasi kami," ujarnya.

Sementara itu, Munish Mittal, CIO & Group Head IT HDFC Bank mengungkapkan pihaknya menjalankan beberapa versi VMware. Oracle akan memberikan mereka kemampuan yang sama pada komputasi awan.

“Ini memungkinkan kami untuk memenuhi kebijikan teknologi dan informasi di perusahaan kami. Ini adalah level kendali yang diperlukan untuk memindahkan beban kerja penting kami ke cloud,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
oracle, vmware

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top