Target Akhir Tahun: Operator Berebut Pelanggan Lewat Paket dan Jaringan

Operator seluler makin agresif dalam menarik pelanggan baru sepanjang sisa tahun ini melalui produk dan program yang telah mereka siapkan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 September 2019  |  15:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Operator seluler makin agresif dalam menarik pelanggan baru sepanjang sisa tahun ini melalui produk dan program yang telah mereka siapkan.

Chief Commercial Officer PT Hutchison  3 Indonesia Dolly Susanto mengatakan perseroan memasang target cukup agresif hingga akhir tahun menyusul dengan peningkatan kualitas jaringan yang digalakan oleh 3 Indonesia dan antusiasme masyarakat terhadap produk 3 Indonesia.

Program cicilan beli pulsa, kata Dolly, memperoleh antusias dari masyarakat dan pelanggan 3 Indonesia. Program tersebut menawarkan kepada para pelanggan paket data hingga 13 GB per bulan dengan harga Rp60.000 dengan skema cicilan 4 kali.

 “Kami akan merebut pelanggan minimal 40 juta - 45 juta hingga akhir tahun ini,” kata Dolly kepada Bisnis.com, Rabu (11/9/2019).

Di samping itu, lanjut Dolly, optimisme untuk mendapat pelanggan baru juga didorong oleh ekspansi jaringan 3 yang saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Pada  tahap pertama, ekspansi jaringan 4.5G  3 Indonesia menjangkau Sumatra, Jawa dan Kalimantan hingga Nunukan  Adapun pada tahap kedua, perseroan fokus meningkatkan kualitas jaringan dan kapasitas tanpa mengesampingkan ekspansi jaringan.

Hingga saat ini jumlah pelanggan 3 Indonesia mencapai 38 juta pelanggan. Artinya butuh sekitar 2 juta - 7 juta pelanggan lagi untuk mencapai target. 

Sementara itu,  PT Telekomunikasi Selular optimistis mampu menggapai 170 juta pelanggan hingga akhir 2019, melalui pengembangan produk dan kualitas jaringan yang dimiliki.

Adapun hingga kuartal II/2019, jumlah pelanggan Telkomsel mencapai 167 juta pelanggan.  GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, mengatakan perseroan berupaya terus menjaga kualitas jaringan, sebagai langkah untuk mempertahankan sekaligus menarik pelanggan baru.

Jaringan Telkomsel, Klaim Aldin, telah menjangkau 94% populasi di seluruh tanah air. "Kami juga melihat secara detail kebutuhan pelanggan dan melihat kebutuhan pelanggan dari kacamata pelanggan itu sendiri," kata Aldin.

Aldin menambahkan dalam memenuhi kebutuhan Telkomsel juga terus mengembangkan produk dan layanan digital seperti MAXstream, Dunia Games, Langit Musik dan linkAja. Aldin menilai karakter pelanggan saat ini adalah masyarakat yang melek terhadap digital.

Pelanggan tersebut, kata Aldin, cenderung menggunakan internet tidak hanya untuk percakapan tetapi juga untuk mencari hiburan seperti video, musik, gim dan gaya hidup. Pelanggan inilah yang diincar oleh Telkomsel melalui paket-paket menarik.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen digital savvy ini, Telkomsel menyediakan paket-paket internet khusus selain paket regular, seperti VideoMAX, MusicMAX dan GamesMAX," kata Aldin.

Sementara itu, PT Smartfren  Telecom Tbk. terus menggenjot sejumlah program dan terobosan untuk mengejar target pertumbuhan pelanggan pada 2019 yang berkisar 25 juta – 30 juta pelanggan.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengatakan selain memanfaatkan teknologi e-SIM, terobosan yang dilakukan dalam mengejar target jumlah pelanggan dalah dengan mengadakan Program Undian WOW Smartfren berhadiah rumah, mobil, vespa dan ratusan hadiah lainnya yang diundi setiap bulan.

Program undian WOW, kata Djoko, akan mendorong masyarakat yang belum melakukan aktivasi, untuk menggunakan Smartfren dengan tawaran kesempatan memenangkan hadiah tiap bulannya.  

“Berbeda dari undian pada umumnya yang mengumumkan pemenang tiga atau enam bulan sekali, kejutan WOW diundi setiap bulan, jadi kesempatan menang sangat besar,” ujar Djoko.

Smartfren juga mengandalkan konser musik yang akan diselenggarakan pada 20 September mendatang. Smartfren berharap dengan konser yang diselenggarakan pelanggan akan semakin loyal lagi dan menarik anak muda lain untuk menggunakan Smartfren.

Hingga 9 bulan pertama 2019, jumlah pelanggan Smartfren telah mencapai 20 juta pelanggan, dengan sekitar 80% atau 18 juta merupakan pelanggan dari segmen muda atau milenial.

Adapun jumlah BTS yang digunakan Smartfren sebanyak 30.000 BTS, yang mencangkup 90% populasi di pulau Jawa, 70% di Sumatera dan Kalimantan.

Sementara itu, Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk,, Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan tidak memiliki target khusus mengenai pencapaian jumlah pelanggan hingga akhir tahun.

Dia mengatakan XL lebih berfokus untuk dapat terus mendorong pelanggan yang ada agar lebih produktif.

“Dengan pelanggan produktif maka mampu mendorong dan meningkatkan pencapaian kinerja pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas,” kata Ayu.

Ayu mengatakan untuk mendorong pelanggan agar lebih produktif, berbagai inisiatif yang dilakukan XL antara lain dengan menyediakan berbagai pilihan layanan data yang sesuai dengan kebutuhan dengan tarif yang makin terjangkau.

Di samping itu, lanjutnya, dengan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan layanan data khususnya untuk layanan 4G dan 3G di berbagai wilayah di Indonesia. 

Berdasarkan laporan XL Axiata pada kuartal II/2019, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 56,6 juta pelanggan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator seluler, operator telekomunikasi

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top