Galaxy Note 10, Kolaborasi Samsung dan Microsoft

Microsoft Corp. memperdalam kemitraannya dengan Samsung Electronics Co. melalui integrasi aplikasi Office dalam ponsel premium terbaru raksasa teknologi Korea Selatan itu, Galaxy Note 10.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 08 Agustus 2019  |  09:13 WIB
Galaxy Note 10, Kolaborasi Samsung dan Microsoft
Seorang wanita memegang berbagai model Samsung Galaxy Note 10 yang berwarna saat peluncuran Galaxy Note 10 di Barclays Center di Brooklyn, New York, AS, 7 Agustus 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Microsoft Corp. memperdalam kemitraannya dengan Samsung Electronics Co. melalui integrasi aplikasi Office dalam ponsel premium terbaru raksasa teknologi Korea Selatan itu, Galaxy Note 10.

Galaxy Note 10 akan disertai dengan aplikasi email Outlook yang sudah ter-install. Para pengguna ponsel ini juga memperoleh akses ke Word, Excel, dan PowerPoint, terang pihak Microsoft dan Samsung dalam acara “Galaxy Unpacked” di New York pada Rabu (7/8/2019) waktu setempat.

Dalam acara peluncuran Note 10 itu, CEO Microsoft Satya Nadella bergabung dengan sejumlah eksekutif Samsung di atas panggung untuk menegaskan kolaborasi kedua perusahaan. Microsoft akan menjual Galaxy Note 10 di toko-toko ritelnya.

Satya Nadella, chief executive officer dari Microsoft Corp, berbicara kepada peserta selama acara peluncuran Galaxy Note 10 di Barclays Center di Brooklyn, New York, AS, 7 Agustus 2019./Reuters

Setelah hengkang dari bisnis pembuatan ponsel, upaya memikat lebih banyak pengguna ponsel terhadap versi Office di Android dan iOS menjadi semakin penting bagi strategi dan penjualan Microsoft.

Ini pula yang mendorong pembuat perangkat lunak asal Washington, Amerika Serikat (AS), itu kembali merangkul unit mobile Samsung, sebagaimana diwartakan Bloomberg.

Di sisi lain, bagi Samsung, Note 10 menjadi upaya untuk membalik layunya profitabilitas dan menangkal gempuran pesaingnya seperti Apple Inc., Huawei Technologies, dan vendor-cendor China lain yang tumbuh cepat.

Didukung sistem operasi Android, Galaxy Note 10 terdiri dari dua versi yakni reguler berukuran 6,3 inci dan versi plus berbentang layar 6,8 inci. Harganya dibanderol mulai dari US$949 untuk versi berukuran lebih kecil.

Selain soal aplikasi, keterlibatan Microsoft dalam Note 10 mencakup sepasang fitur baru yang dibuat untuk mencocokkan tautan dan sinkronisasi antar ponsel, tablet, dan komputer Apple.

Dengan “Link to Windows”, para pengguna dapat menyinkronkan pesan teks dan foto secara nirkabel antara ponsel Samsung dan PC Windows melalui akun Microsoft.

Mekanisme baru lainnya, yakni versi lanjutan dari DeX Samsung, dapat menghubungkan Note 10 melalui kabel USB ke Mac atau PC untuk melihat antarmuka telepon sebagai aplikasi komputer. Mekanisme ini juga memungkinkan transfer file.

Sebelum Note 10, Microsoft telah mengemas aplikasinya dalam ponsel lain Samsung, yakni Galaxy S6 dan S7. Namun kemitraan terbarunya mencerminkan upaya berkelanjutan dari Microsoft untuk mendorong pertumbuhan bisnis perangkat lunak Office dan PC Windows, di dunia di mana para pelanggan mengandalkan ponsel dan tablet perusahaan lain.

Dalam acaranya di New York, Samsung juga meluncurkan laptop Windows berbasis prosesor ARM baru yang disebut Galaxy Book S. Laptop ini dikembangkan bekerja sama dengan Microsoft dan pembuat chip Qualcomm Inc.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
samsung, galaxy note, microsoft

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top