Lewat Fleetech, XL Garap Solusi Logistik

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 20 Juni 2019 | 11:53 WIB
XL Axiata Tower, Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
XL Axiata Tower, Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. serius mengembangkan layanan penunjang bisnis logistik melalui  solusi armada transportasi berbasis internet of things yang bernama Fleetech.

Head Internet of Things PT XL Axita Tbk. Brian Cakra mengatakan hingga saat ini perangkat internet of things (IoT) Fleetech yang dikembangkan perseroan juga telah merambah di sektor logistik. Dia mengatakan Fleetceh dipasang di berbakai  kendaraan bermotor mulai dari mobil hingga truk.

Fleetech adalah perangkat solusi IoT yang dikeluarkan oleh XL Axiata pada 2018 lalu. Fleetech menawarkan solusi kepada pelanggan dalam hal pengelolaan armada transportasi. Alat ini dapat digunakan untuk mendeteksi letak armada transportasi.  

“Jadi itu sekarang yang sedang tumbuh dan kita bawa ke pasar logistik. Kalau dari segi proporsi masih banyak di mobil,” kata Lukman kepada Bisnis, Rabu (20/6/2019).

Lukman menambahkan bisnis logistik merupakan bisnis krusial. Tantangan dalam memasarkan perangkat IoT di sektor logistik, lanjutnya, menentukan harga yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan klien.  

“Soal prize harga, itu memang agak sensitive. Logistik itu dunia yang sudah advance, bisnis logisitik punya banyak kebutuhan,” kata Lukman.

Sebelumnya, XL Axiata juga berencana membangun 3.000 BTS yang akan dialokasikan untuk solusi IoT pada tahun ini.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan IoT merupakan salah satu strategi perseroan untuk memompa pendapatan dari sisi business to business. Dia menjelaskan XL Axiata tidak hanya melakukan bisnis di IoT, tetapi juga berupaya membangun ekosistem IoT. Salah satu caranya dengan membangun jaringan untuk IoT.

”Tahun ini saja kami berencana membangun 3.000 base tranceiver station (BTS) untuk IoT,” kata Yessie kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper