Lalu Lintas Data saat Lebaran Terpusat di Jawa

Jawa Tengah menjadi wilayah dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi di Telkomsel selama liburan Lebaran dengan kenaikan lalu lintas data sebesar 44 persen dibandingkan dengan hari biasa.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  05:47 WIB
Lalu Lintas Data saat Lebaran Terpusat di Jawa
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel - Telkomsel

Bisnis.com, JAKARTA – Pulau Jawa menjadi wilayah dengan lalu lintas data tertinggi selama liburan Hari Raya Idulfitri 1440 H.

Berdasarkan data yang diterima Bisnis, Jawa Tengah menjadi wilayah dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi di Telkomsel selama liburan Lebaran dengan kenaikan lalu lintas data sebesar 44 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing mengalami kenaikan lalu lintas data sebesar 31,2 persen dan 26,9 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Dalam mengantisipasi peningkatan trafik tersebut Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan utamanya di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang disiapkan antara lain membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem teknologi untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Sementara itu, XL Axiata juga mencatat peningkatan lalu lintas data tertinggi selama liburan Lebaran terjadi di Jawa Barat yaitu sebesar 43 persen dibandingkan dengan hari biasa. Adapun urutan kedua dan ketiga untuk peningkatan lalu lintas data per wilayah ditempat oleh Lampung dengan 38 persen dan Jawa Tengah sebesar 25 persen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Selain itu, XL Axiata juga menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top