Hari Raya Idulfitri 2019 : Trafik Data Operator Seluler Naik Dua Digit

Sejumlah operator seluler mencatatkan pertumbuhan lalu lintas data hingga dua digit selama liburan Hari Raya Idulfitri 1440 H dibandingkan dengan hari biasa. Lonjakan trafik umumnya terjadi di sejumlah tempat wisata.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  01:22 WIB
Hari Raya Idulfitri 2019 : Trafik Data Operator Seluler Naik Dua Digit
Susasana di gerai pelayanan pelanggan Indosat Ooredoo - Indosat

Bisnis.com, JAKARTA, - Sejumlah operator seluler mencatatkan pertumbuhan lalu lintas data hingga dua digit selama liburan Hari Raya Idulfitri 1440 H dibandingkan dengan hari biasa. Lonjakan trafik umumnya terjadi di sejumlah tempat wisata.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk, Yessie D. Yosetya mengatakan,trafik layanan data perseroan selama liburan hari Raya Idulfitri meningkat hingga 24% dibandingkan dengan hari biasa. Adapun jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, kata Yessie, trafik data meningkat 57%.

Yessie menuturkan selain data, trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan atau voice  mengalami penurunan akibat perubahan perilaku pengguna yang beralih ke layanan data.

“Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa,” kata Yessie dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (10/6/2019).

Yessie menambahkan berdasarkan data dari pusat monitoring, jaringan XL Axiata di sejumlah juga mengalami lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal.

Yessie menyebutkan di pusat perbelanjaan trafik data XL Axiata meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%.

“Seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6% dibandingkan hari normal di luar masa mudik,” kata Yessie.

Yessie menjelaskan dengan adanya jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Sementara itu, Desmond Cheung, Chief Technology Officer PT Hutchison 3 Indonesia mengatakan perseroan mencatat lonjakan trafik data sebesar 40% selama liburan Idulfitri 1440 H dan perjalanan mudik dibandingkan dengan hari biasa.Lonjakan trafik, sambungnya, sudah mulai terjadi sejak H-10 bersamaan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih dan berlanjut ke Idul Fitri.

“Kepadatan dan lonjakan trafik ini tidak menimbulkan kendala disebabkan antisipasi yang dilakukan perseroan sejak awal,” Desmond.

Desmond mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan trafik perseroan telah melakukan optimalisasi jaringan di jalur dan kota-kota tujuan mudik seperti jalur kereta api Solo – Yogya – Semarang, rute Jakarta – Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta – Merak – Palembang dan kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan dan Padang.

Selain itu, Tri Indonesia juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat di satu titik. Tri Indonesia Juga menempatkan sejumlah mobile BTS di titik-titik kepadatan trafik seperti rest area dan gerbang tol untuk optimalkan kapasitas layanan di jalan tol Merak – Sidoarjo. 

Desmond menuturkan lonjakan trafik layanan data tertinggi terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik yaitu  Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang dan Blora.

Senada, Telkomsel juga mencatatkanlonjakan trafik penggunaan layanan data di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Tirtamaya Indramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran Batu Karas, dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Secara menyeluruh Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Idulfitri 2019, sebesar 19,30 Petabyte atau naik 12,3%  dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Bila dibandingkan dengan periode tahun lalu, trafik layanan tersebut naik sebesar 49,8% dengan rerata lonjakan tertinggi terjadi pada pukul 00.00 hingga 06.00 atau pada waktu sahur.

Sementara itu, wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44% dibandingkan hari biasa, kemudian diikuti Jawa Barat sebesar 31,2% dan Jawa Timur sebesar 26,9%.

 “Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang melakukan aktivitas daring di media sosial dengan total kontribusi 30,4%, diikuti layanan video dan streaming sebesar 28,7%, dan komunikasi berbasis teks, panggilan suara, dan video melalui aplikasi pesan instan sebesar 15,7%,”  kata Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator seluler

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top