H-1 Lebaran, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Paling Tinggi

Syaiful Millah
Jumat, 7 Juni 2019 | 16:49 WIB
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/9)./JIBI-Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/9)./JIBI-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Idulfitri 2019, sebesar 19,30 Petabyte atau naik 12,3%  dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Bila dibandingkan dengan periode tahun lalu, trafik layanan tersebut naik sebesar 49,8% dengan rerata lonjakan tertinggi terjadi pada pukul 00.00 hingga 06.00 atau pada waktu sahur.

Sementara itu, wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44% dibandingkan hari biasa, kemudian diikuti Jawa Barat sebesar 31,2% dan Jawa Timur sebesar 26,9%.

Lebih spesifik, peningkatan layanan data pada momen Lebaran terjadi di beberapa lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para pemudik seperti Exit Tol Pejagan, SPBU Gentong Tasikmalaya, RUmah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan rest area Adiwena KM 287 Tegal.

Lonjakan trafik penggunaan layanan data juga terjadi di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Tirtamaya Indramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran Batu Karas, dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang melakukan aktivitas daring di media sosial dengan total kontribusi 30,4%, diikuti layanan video dan streaming sebesar 28,7%, dan komunikasi berbasis teks, panggilan suara, dan video melalui aplikasi pesan instan sebesar 15,7%.

Telkomsel mencatat peningkatan layanan streaming video dikontribusikan oleh aplikasi Youtube. Sementara itu, untuk layanan media sosial, kontributor utamanya adalah Facebook dan Instagram. Adapun, ragam aplikasi lainnya yang banyak andil dalam penggunaan data Telkomsel adalah Google Service, Mobile Legends, dan TikTok.

Sementara itu, layanan suara dan SMS mengalami penurunan dibandingkan dengan trafik pada hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar 14,9% dan trafik layanan SMS turun 3,7%.

Dari segi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,69%, 99,70%, dan 98,52% yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

“Kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” kata Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan resmi, Jumat (7/6).

Dia melanjutkan untuk mengantisipasi tingginya penggunaan layanan telekomunikasi pada periode tersebut, Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan utamanya di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang disiapkan antara lain membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem teknologi untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper