Ini Empat Teknologi Rumah Pintar yang Dikeluarkan Schneider

Andhika Anggoro Wening
Kamis, 30 Mei 2019 | 00:51 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki rumah yang cantik dan nyaman merupakan idaman semua orang.  Salah satu syarat agar rumah menjadi tempat tinggal yang nyaman dan aman adalah mempunyai perangkat elektronik yang bisa diandalkan.
 
“Kegiatan mempercantik dan merenovasi rumah baiknya memperhatikan tidak hanya faktor keindahan namun juga kenyamanan, keamanan dan keselamatan penghuninya. Banyak pemilik rumah yang mengalokasikan dana untuk mengubah dekorasi dinding ataupun menambah perabotan rumah tangga. Namun hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas dan performa perangkat listrik di rumah agar terhindar dari korsleting listrik dan melindungi perangkat elektronik; serta memperkuat sistem keamanan di rumah untuk mengantisipasi tindak kejahatan," ujar Country President Schneider Electric Indonesia, Xavier Denoly dalam rilis yang terima Bisnis, Rabu (29/5/2019).
 
Menurut Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, sekitar 60-70 persen kasus kebakaran disebabkan oleh faktor listrik. Berdasarkan data hingga 16 Mei 2019, setidaknya terdapat 583 kasus kebakaran di wilayah DKI Jakarta dimana 428 kasus diantaranya disebabkan oleh korsleting listrik. Sementara itu jumlah kasus pencurian rumah kosong di DKI Jakarta selama 2018 berdasarkan data yang dirilis oleh Polda Metro Jaya berjumlah 1.584 kasus atau lebih dari 75% dari total 2.043 kasus pencurian. 
 
“Perkembangan teknologi rumah pintar dengan pemanfaatan Internet of Things pada peralatan listrik, perangkat elektronik dan sistem keamanan rumah memungkinkan pemilik rumah mengontrol seluruh aktivitas rumah, meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan rumah. Pemanfaatan teknologi rumah pintar juga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian listrik di rumah sehingga dapat menghemat biaya listrik. Tidak hanya itu perangkat teknologi rumah pintar juga didesain dengan stylishdan modernsehing ga dapat mempercantik tampilan rumah.” Tambah Xavier. 
 
Berikut adalah beberapa teknologi rumah pintar Schneider Electric yang dapat menjawab kebutuhan pemilik rumah untuk melindungi keamanan dan meningkatkan kenyamanan rumah dengan sistem yang terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain untuk memudahkan pengawasan:
 
- Residual-current Circuit Breaker with Overcurrent Protection (RCBO) terkoneksi

RCBO Slim Domae merupakan kombinasi/gabungan  dari MCB dan ELCB yang berfungsi memproteksi terjadinya kebocoran arus listrik/arus kejut dan hubungan singkat sehingga secara otomatis akan memutus listrik saat terjadi korsleting. Satu produk namun memiliki 3 fungsi yaitu 
 
beban lebih, anti korsleting dan anti setrum. Dari sisi bentuk fisik, RCBO memiliki dimensi ukuran yang sama dengan MCB. Jadi Anda dapat dengan mudah mengganti MCB lama Anda tanpa perlu membongkar instalasi listrik di rumah. RCBO Slim Domae keluaran Schneider Electric ini memiliki ketahanan lebih dari sepuluh ribu kali jepret dan dibandrol dengan harga mulai dari Rp 577.500.

- Sensor Okupansi

Penerangan lampu rumah sering menjadi salah satu pemborosan listrik. Sering kali kita lupa mematikan lampu ketika tidak dipakai, atau menyalakan lampu terang walaupun tidak dibutuhkan. Tidak hanya itu biasanya, penerangan lampu juga sering menjadi indikator bagi para pelaku kejahatan untuk mencari tahu apakah rumah tersebut kosong atau tidak. Dengan sensor okupansi, menyalakan atau meredupkan lampu dapat dilakukan secara otomatis dengan mendeteksi gerakan dalam ruangan. Dengan penggunaan sensor okupansi, tidak perlu lagi meninggalkan rumah dengan terang benerang sehingga menghemat biaya listrik selama mudik. Schneider Electric memiliki beragam solusi sensor okupansi antara lain NEO, ZENcelo dan Argus yang memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing dengan desain yang modern. Solusi sensor okupansi Schneider Electric dibandrol mulai dari Rp 1,8 juta. 
 
- Sakelar dan Stop Kontak 

Saklar lampu dan stop kontak adalah bagian dari jaringan listrik yang menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dengan peralatan listrik, baik itu lampu hingga perangkat elektronik lainnya, oleh karena itu hadirnya saklar lampu dan stop kontak yang berkualitas dan dapat diandalkan sesuai standar adalah suatu keharusan. Saklar lampu dan stop kontak dari Schneider Electric memiliki spektrum lengkap yang terdiri atas berbagai warna, pola dan material yang mudah diganti hanya dalam ‘satu klik’ dengan finishing menarik yang akan sesuai dengan berbagai konsep desain dan konteks dekorasi. Dilengkapi dengan teknologi tinggi seperti LED Night Indicatorberfungsi sebagai indikator untuk mengetahui keberadaan atau posisi sakelar saat malam hari; serta Cellphone Support & USB Chargermenjadinya lebih dari sekedar saklar konvensional. Varian sakelar dari Schneider Electric dibandrol dengan harga mulai dari Rp 20.000.
 
· Wiser Home Control

Wiser Home Control mengintegrasikan teknologi kelistrikan, multimedia dan telekomunikasi Anda dalam satu solusi yang mudah digunakan, dapat dioperasikan oleh lebih dari satu orang dan terukur - memungkinkan Anda untuk memonitor, mengendalikan dan mengakses rumah Anda di luar batas fisik, kapan saja, di mana saja, baik itu di ponsel pintar, komputer, sistem door entry, tablet web, semuanya dengan sistem antarmuka (interface) intuitif yang sama. 
 
Fungsi Power Monitoring memberikan Anda visualisasi secara real-time mengenai penggunaan energi di rumah dan memfasilitasi hidup yang lebih hijau. Wiser Home Control memberikan Anda kenyamanan dan kemudahan, hiburan di rumah, ketenangan pikiran dan konektivitas yang terintegrasi secara penuh di telapak tangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper