Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Teleglobal dan Bakti Teken Kontrak Kapasitas Satelit HTS

Perjanjian kerja sama antara Teleglobal dan Bakti berjangka waktu 5 tahun dengan opsi perpanjangan untuk 5 tahun ke depan.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  12:38 WIB
Teleglobal dan Bakti Teken Kontrak Kapasitas Satelit HTS
Peluncuran satelit SES-12. - dok. teleglobal
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Teleglobal dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) menandatangani kerja sama pengadaan kapasitas sambungan internet sebesar 1,3 GHz. Kapasitas tersebut disediakan melalui satelit high-throughput SES-12 milik SES Networks.

Proyek pengadaan kapasitas satelit Bakti adalah program universal service obligation (USO) yang bertujuan untuk menyediakan sambungan internet pita lebar di 150.000 titik di seluruh Indonesia. Perjanjian kerja sama antara Teleglobal dan Bakti berjangka waktu 5 tahun dengan opsi perpanjangan untuk 5 tahun ke depan.

Satelit SES-12 diklaim sebagai satelit Geo HTS terbesar di kawasan Asia Pasifik yang dilengkapi dengan enam beam regional dan 72 high-throughput user spot beams. Fasilitas tersebut membuat satelit SES mampu menyediakan solusi untuk beragam sektor mulai dari penyiaran, operator seluler, kedirgantaraan, hingga pemerintahan.

“Teleglobal merasa bangga telah mendapatkan kehormatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dan ditunjuk sebagai salah satu provider utama untuk kebutuhan satelit pada proyek Bakti tersebut,” tutur Direktur Teleglobal Candra Indianto.

Vice President Global Fixed Data SES Networks Imran Malik mengatakan bahwa jaringan berbasis satelit sangat ideal dalam mendukung proyek USO yang diselenggarakan Bakti karena bisa menyediakan akses internet pita lebar dalam skala besar hingga ke lokasi paling terpencil. Opsi lainnya, seperti jaringan berbasis terestrial, memakan biaya lebih tinggi dan waktu lebih banyak.

Layanan USO berbasis satelit Bakti rencananya mulai bergulir di 15.000 lokasi pada fase pertama dan ditargetkan mulai menyediakan layanan internet cepat pada kuartal III/2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satelit bakti
Editor : Demis Rizky Gosta
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top