Lebih dari 1,3 Juta Tweet Ramaikan Debat Pilpres Terakhir

Twitter sebagai  platform di mana percakapan politik terjadi secara real time, mencatat  lebih dari 1,3 juta tweet terkait debat ke-lima semalam.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 15 April 2019  |  07:05 WIB
 Lebih dari 1,3 Juta Tweet Ramaikan Debat Pilpres Terakhir
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). - ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA – Twitter sebagai  platform di mana percakapan politik terjadi secara real time, mencatat  lebih dari 1,3 juta tweet terkait debat ke-lima semalam.

Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dengan hampir 181.000 tweet per menit.

Selama #DebatPilpres2019 berlangsung di awal tahun, masyarakat Indonesia dari berbagai belahan dunia menggunakan Twitter untuk mengemukakan pendapat dan sanggahan, berbagi informasi, hingga memberikan dukungan kepada paslon pilihan mereka.

Dilihat dari peta persebarannya melalui trendsmap.com, lokasi tweet terbanyak  berasal dari Pulau Jawa khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat, diikuti oleh Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selanjutnya, lokasi tweet tersebar di Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

Debat ke-lima ini menjadi penentuan akhir penilaian masyarakat terhadap kedua kandidat Presiden dan Wakil Presiden. #DebatPilpres2019 ini akan menutup rangkaian debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang telah digelar sejak 17 Januari 2019 dan mengangkat isu-isu meliputi ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Selama acara #DebatPilpres2019 terakhir berlangsung, beberapa tagar silih berganti mewarnai linimasa dan percakapan di Twitter, baik yang terkait dengan respon pengguna Twitter atas jawaban kandidat atau sekadar merangkum berbagai Tweet ringan yang mengundang tawa. Berikut ini adalah tagar dan emoji terpopuler selama debat berlangsung semalam.

#JokowiMenangTotalDebat

#DebatPilpres2019

#BeraniPilih02

#HoaxJkwMenangTotalDebat

#Pemilu2019

#DebatTerakhirPilpres2019

#Pilpres2019

#OptimisIndonesiaMaju

#DebatKelimaPilpres2019

#TusukPrabowoSandi

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
twitter, Debat Capres

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top