Antisipasi Kenaikan Trafik saat Pencoblosan, Operator Seluler Perkuat Jaringan

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 15 April 2019 | 14:02 WIB
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS/Bisnis-Abdullah Azzam
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS/Bisnis-Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah operator seluler mempersiapkan diri dalam menyambut pemilihan serentak yang akan berlangsung dua hari lagi.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk mengantisipasi kenaikan trafik terkait dengan berlangsungnya Pemilihan Presiden dan Pemilihan Umum, Rabu (17/4).

XL Axiata memperkirakan  trafik data akan meningkat, terutama dari pesan singkat dan layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatapps, Telegram dan LINE.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, perseroan melakukan langkah antisipasi dalam rangka Pilpres sekaligus persiapan bulan Ramadan dan Lebaran.

“Kami akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1,” kata Yessie dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (15/4/2019).

Yessie memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik data sekitar 5% - 10%. Sementara itu kenaikan trafik voice  dan SMS diprediksi sekitar 3%.

Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama Ibu Kota Jakarta dan Kota Penyangga sekitarnya  seperti Bogor, depok, Tangerang,  Bekasi serta ibukota-ibukota provinsi.

Meski demikian, kenaikan trafik juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia atas berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini.

“Trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB. Untuk voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS,” kata Yessie.

Pada waktu yang berbeda, Denny Abidin, GM External Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular mengatakan Telkomsel telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan saat hari pencoblosan.

Dia mengatakan sejumlah langkah tersebut dilakukan agar saat Pemilu hingga pengumuman hasil Pemilu komunikasi lancar dan tidak ada gangguan.

“Terutama di sejumlah titik yang akan menjadi pusat berkumpulnya masyarakat, seperti TPS, Kantor KPU/KPUD setempat, serta titik keramaian lainnya,” kata Denny.

Berbeda, Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia, Danny Buldansyah mengatakan pihaknya tidak memiliki persiapan khusus saat persiapan khusus saat hari pencoblosan dilakukan.

Dia mengatakan bahwa jaringan akan digelar sebagaimana hari-hari biasa pada umumnya.

“Tidak ada persiapan khusus, biasa saja,” kata Danny.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper