Tokoin Dorong Digitalisasi Bisnis UMKM

Tokoin memungkinkan UMKM menjadi lebih tepercaya dan kredibel dalam mengakses bantuan-bantuan solusi bisnis dari berbagai lembaga finansial.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  14:32 WIB
Tokoin Dorong Digitalisasi Bisnis UMKM
CEO Shuttle One Pte Ltd & XSQ Digital Pte Ltd., Hongzhuang Lim (kiri), CEO Tokoin Reiner Rahardja (tengah), CTO Ralali.com Irwan Suryady (kanan) saat grand launching Tokoin, Rabu (27/2/2019) malam - Dok.Tokoin

Bisnis.com, JAKARTA — Tokoin, sebuah platform teknologi blockchain, hadir untuk menawarkan jasa pencatatan digital dan transaksi keuangan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna mendapatkan akses keuangan ke perbankan.  

UMKM menjadi salah satu penggerak roda perekonomian paling besar di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia, yakni dengan menyumbangkan 60,3% pendapatan atas Produk Domestik Bruto (PDB) dan 97% atas tenaga kerja nasional.

 Kendati demikian, UMKM masih belum bisa lepas dari permasalahan yang sedari dulu menghambat laju pertumbuhan bisnisnya. Sebanyak 40% UMKM di negara berkembang belum terakses bantuan dari lembaga-lembaga finansial. 

“Dilandasi oleh fakta tersebut, Tokoin membangun sebuah platform untuk membantu UMKM mengakselerasi bisnisnya. Lewat implementasi teknologi blockchain pada ekosistem bisnis digital, UMKM difasilitasi untuk membangun kredibilitas usaha dari identitas digital sebagai profil bisnis dan sistem pencatatan dalam buku besar digital [digital ledger],”  jelas Reiner Rahardja, selaku CEO Tokoin dalam Grand Launching Tokoin,  Rabu (27/2/2019) malam.  

Teknologi blockchain memfasilitasi UMKM untuk mencatat transaksi bisnisnya sebagai data berharga secara runut dan akurat, menyimpannya dan memungkinkan skema monetisasi pada data tersebut secara efektif. Lebih dari sekadar skema bisnis, Tokoin memungkinkan UMKM menjadi lebih tepercaya dan kredibel dalam mengakses bantuan-bantuan solusi bisnis dari berbagai lembaga finansial.

Lebih lanjut,  Tokoin juga menargetkan adoption rate yang tinggi atas platform yang kini sedang dikembangkan. Dalam hal ini, kerja sama strategis dengan platform marketplace yang sudah berdiri menjadi langkah awalnya.

Di Indonesia, kerja sama strategis Tokoin yang pertama kali terjalin dengan Ralali.com, platform B2B marketplace terbesar di Indonesia.

“Kami sudah mengumumkan kerja sama strategis dengan Ralali.com yang memiliki basis user sebanyak 300.000 pengguna. Bagi Tokoin , terjalinnya kerja sama dengan Ralali secara tidak langsung juga memberikan adoption rate yang cukup tinggi atas platform Tokoin”, tutup Reiner.

Memiliki kesamaan visi dengan Tokoin, Irwan Suryady sebagai CTO Ralali.com menyatakan  platform teknologi blockchain untuk  membangun kredibilitas usaha akan membantu UMKM untuk berakselerasi. 

"UMKM butuh platform yang mampu membantu UMKM membentuk kelayakan usaha berupa credit scoring. Pada era revolusi industri keempat, bisnis tidak lagi terbatas pada aktivitas jual beli produk saja. Melainkan bagaimana data dapat dicatat, diamankan dan didistribusikan secara efisien dan efektif.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fintech, blockchain

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top