Menkominfo Optimistis Indonesia Merdeka Sinyal 2020

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan ambisi pemerintah untuk menyatukan Indonesia melalui jaringan internet.
Syaiful Millah | 21 Januari 2019 15:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan proyek Palapa Ring untuk mengkoneksikan seluruh wilayah Indonesia di KPP Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (18 - 1).

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan ambisi pemerintah untuk menyatukan Indonesia melalui jaringan internet.

Rudiantara mengatakan hal tersebut bukan lagi impian dan akan terwujud melalui program-program pemerintah, khususnya dengan membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah 3T (terluar, terdepan, dan terbelakang).

“Pemerintah sekarang kita bisa eksekusi atau implementasikan mimpi mempersatukan Indonesia melalui internet. Jadi, di 2020 kita bisa katakan 75 tahun setelah kita merdeka, maka kita sudah merdeka internet,” tegasnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, akhir pekan lalu. 

Dia menuturkan salah satu program konektivitas jaringan telekomunikasi dan internet yang akan segera rampung adalah proyek infrastruktur tulang punggung (backbone) Palapa Ring. Proyek tersebut terdiri atas tiga paket yaitu Barat, Tengah, dan Timur.

Hingga saat ini dua paket telah selesai dikerjakan dan mulai beroperasi, yakni Palapa Ring Barat dan Tengah. Adapun, proyek Palapa Ring Timur telah mencapai 90% pengerjaan dan diharapkan rampung pada kuartal kedua tahun ini.

Rudiantara menyampaikan setelah seluruh paket telah selesai dikerjakan akan dilakukan integrasi penuh. Hal tersebut, menurutnya akan memungkinkan daerah pelosok yang sebelumnya sulit terjangkau mendapatkan layanan telekomunikasi dan akses internet.

“Sekarang kita enggak lagi ngomong hanya operator SMS atau telepon tapi internet. Dan lagi internetnya juga internet cepat,” ujarnya.

Dia melanjutkan adanya Palapa Ring ini akan membantu operator menekan harga jual layananya kepada masyarakat. Pasalnya, infrastruktur tulang punggung akses jaringan telah dibangun oleh pemerintah sehingga operator tidak perlu membangun dari awal, cukup menyewa yang telah tersedia.

Hal tersebut diharapkan Rudiantara juga akan menekan tarif yang ditawarkan kepada masyarakat, sehingga terjadi kesetaraan penerapan tariff akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palapa ring

Editor : Syaiful Millah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top