Equnix Business Solutions Gandeng Aptikom Cetak Ahli Open Source

Equnix Business Solutions bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidang database dan solusi bisnis teknologi berbasis open source.
Sholahuddin Al Ayyubi | 15 Januari 2019 01:59 WIB
SDM TIK - ILustrasi
Bisnis.com, JAKARTA - PT Equnix Business Solutions bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidang database dan solusi bisnis teknologi berbasis open source.
 
Chief Executive Officer (CEO) PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang optimistis kerja sama itu dapat mendorong visi pemerintah agar menjadi negara ekonomi terbesar sejalan dengan roadmap Making Indonesia 4.0. Dia berpandangan bahwa penguatan strategi digital saat ini menjadi sesuatu yang penting dan harus dilakukan oleh perusahaan sehingga dapat bersaing di era ekonomi digital.
 
"Kerja sama antara PT Equnix Business Solutions dan Aptikom ini tidak hanya berupaya menghasulkan lulusan bertalenta tetapi juga punya pengetahuan di bidang database dan solusi bisnis teknologi berbasis open source yang semakin populer," tuturnya, Senin (14/1).
 
Lembaga riset IDC memprediksi pada 2021, sekitar 21% perusahaan akan mengadopsi strategi transformasi digital dan mengimplementasikannya agar dapat bersaing. Kendalanya, adalah terbatasnya SDM yang dapat berakselerasi pada transformasi digital di setiap perusahaan.
 
Selain itu, perusahaan riset A.T. Kearney menyebut sektor pendidikan hanya mampu menghasilkan 278 insinyur TI dari setiap 1 juta penduduk. Angka lulusan itu jauh lebih rendah jika dibandingkan di Malaysia yang dapat mencetak 1.834 insinyur TI dari setiap 1 juta penduduk. Sementara India berhasil mencetak 1.159 insinyur TI dari tiap 1 juta penduduk.
 
Riset tersebut juga menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 5 kali lebih banyak insinyur di bidang TI dalam 10-15 tahun ke depan untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Tanah Air.
 
Julyanto mengatakan saat ini banyak perusahaan besar di seluruh dunia yang sukses menggunakan berbagai software open source seperti Linux untuk sistem operasi, Apache untuk server web, PostgreSQL untuk database dan PHP,  Java, Perl, Python dan lainnya untuk pemprograman.
 
"Tidak hanya perusahaan teknologi saja, kini praktis hampir semua perusahaan besar dunia menjalankan minimal satu software open source di lingkungan software mereka," katanya.
 
Secara terpisah, Ketua Umum Aptikom Zainal A Hasibuan mengatakan kerja sama antara Aptikom dengan PT Equnix Business Solutions di bidang open source dinilai bisa menjadi salah satu solusi  untuk memenuhi kebutuhan sumber data TI di dunia bisnis.
 
Kerja sama itu menurutnya, berupa edukasi dengan format kuliah tamu hasil inisiatif dari PT Equnix Business Solutions untuk disampaikan ke semua mahasiswa. Dia berharap melalui kerja sama itu, para mahasiswa dapat mengembangkan diri lebih cepat di masa mendatang dan menjawab tantangan yang dinamis.
 
"Kami gembira dan memiliki keyakinan bahwa kerja sama ini akan berbuah baik dan menghasilkan para lulusan bertalenta mumpuni yang dibutuhkan oleh industri TI di Indonesia sekaligus mendukung peta jalan Making Indonesia 4.0," ujarnya.
 
 
Tag : sdm
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top