Dua Gim Disney Ini Dimotori Blockchain

PlayGame mengadopsi teknologi blockchain di dalam platformnya untuk menutup celah pembajakan sekaligus sebagai mesin anti anti curang pada gim daring.
N. Nuriman Jayabuana | 11 Desember 2018 16:27 WIB
Mickey Mouse dan Minnie Mouse - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — PlayGame mengumumkan kerja sama dengan Walt Disney Asia Tenggara untuk meluncurkan dua gim terbaru dengan karakter Disney, yaitu Mickey's Delivery Dash dan Olaf's Freeze Fall.

PlayGame merupakan platform gim berbasis web dengan konsep direct-to-play menggunakan teknologi blockchain. Permainan kasual yang tersedia di dalam PlayGame dapat dimainkan secara dengan gratis tanpa perlu diunduh ke dalam gawai.

Pendiri sekaligus CEO PlayGame, Anton Soeharyo, mengungkapkan platform gim berbasis blockchain yang menggunakan sistem terdesentralisasi dapat mendorong lahirnya inovasi dan produk kreatif kepada komunitas pemain gim yang lebih luas. 

PlayGame mengadopsi teknologi blockchain di dalam platformnya untuk menutup celah pembajakan sekaligus sebagai mesin anti anti curang pada gim daring.

Dirinya berharap pengembang gim lokal di Indonesia dapat mengoptimalkan penggunaan platformnya untuk mendistribusikan produknya ke konsumen.

"PlayGame memiliki visi untuk memberikan panggung bagi developer gim lokal supaya bisa berkarya dan lebih mudah menembus pasar mancanegara," ujarnya di sela-sela penandatanganan kerja sama dengan Disney Asia Tenggara, Selasa (11/12).

Anton mengungkapkan salah satu kendala yang kerap dihadapi oleh pengembang gim lokal merupakan keterbatasan akses pasar.

Dirinya menyebut tidak sedikit pengembang gim yang kurang optimal dalam memasarkan produknya karena keterbatasan dana. Akibatnya, produk itu tidak dikenal oleh konsumen dalam skala yang lebih luas.

"Bisa dibilang marketing adalah segalanya di dalam industri gim. Produk yang bagus tanpa ada yang tahu, artinya ya tidak ada yang memainkan. Dengan platform PlayGame, developer bisa memperoleh akses distribusi dan marketing yang layak dan pemain gimnya bisa stick di situ," ujarnya.

Director and Head of Games Commercialization Walt Disney Company Southeast Asia, Je Alipio mengungkapkan kerja sama dengan PlayGame merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk membawa berbagai karakter dan kisah Disney lebih dekat dengan penggemarnya.

"Dengan bekerja sama dengan PlayGame, penggemar Disney di Asia Tenggara dapat merasakan pengalaman permainan interaktif berkualitas," ujarnya. 

Platform PlayGame memungkinkan pemain dari segala usia untuk dapat menikmati gim kasual berjenis HTML5 secara gratis dan langsung dari peramban web pada komputer desktop dan telepon seluler. 

Melalui kerja sama dengan Disney, gim yang tersedia di dalam PlayGame dapat diperkenalkan pada enam negara sekaligus di Asia Tenggara, yaitu meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. 

Tag : video game
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top