Kemenristekdikti Terus Dorong Kemajuan Inovasi Energi

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 10 Agustus 2018 | 15:25 WIB
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20/Reuters-Mike Blake
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20/Reuters-Mike Blake
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU, RIAU--Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan bahwa Kemenristekdikti terus berupaya untuk mendorong pengembangan teknologi energi, salah satunya biodiesel.

"Bio diesel kita harganya sangat kompetitif Rp8.000,-," tutur Nasir saat ditemui di Ritech Expo Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 23 di Komplek Gubernuran Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8).

Biodiesel adalah bahan bakar yang terdiri dari campuran mono--alkyl ester dari rantai panjang asam lemak, yang dipakai sebagai alternatif bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak sayur atau lemak hewan.

Nasir memproyeksikan jika biodiesel dikenalkan kepada masyarakat dan disubsidi pemerintah seperti solar maka produksi biodiesel Indonesia akan makin maju.

"Akan tetapi juga bahan bakar minyak yang disubsidi itu solar makan biodiesel tidak akan berkembang [secara signifikan]," jelasnya.

Menurutnya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap biodiesel, selain harus terus disosialisasikan, subsidi solar sebaiknya diganti kepada masyarakat yang memang perlu untuk diberikan bantuan subsidi dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper