Mau Beli Samsung Galaxy S9+ atau Oppo Find X? Ini Plus Minusnya

Penggembar ponsel Android kelas atas kini semakin dimanjakan untuk memilih aneka merek ponsel kelas premium tersebut, setelah Oppo Find X hadir di pasar untuk menyaingi Samsung Galaxy S9+ yang sudah diluncurkan Februari tahun ini.
Sutarno | 22 Juli 2018 09:07 WIB
Pengunjung mencoba produk terbaru Oppo Find X saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (18/7/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggembar ponsel Android kelas atas kini semakin dimanjakan untuk memilih aneka merek ponsel kelas premium tersebut, setelah Oppo Find X hadir di pasar untuk menyaingi Samsung Galaxy S9+ yang sudah diluncurkan Februari tahun ini.

Penasaran dengan plus dan minus Oppo Find X dibandingkan dengan Galaxy S9+, marik kita bandingkan keduanya.

Untuk menilai plus dan minus antara Oppo Find X dan Samsung Galaxy S9+, kita lihat dari sisi harga, RAM, storage, sistem operasi, dimensi, layar, kamera, file dokumen, dan warna. Komparasi lebih difokuskan kepada sembilan pembanding tersebut, karena  fitur lainnya relatif sama.

Harga

Samsung Galaxy S9+ memiliki tiga varian harga, yaitu Rp13 jutaan (memori internal 64 GB), Rp13,5 jutaan (168 GB), Rp14,5 jutaan (256GB).

Sementara itu, Oppo Find X membandrol harga Rp13 jutaan untuk memori internal 256 GB.

Dari sisi harga, Oppo Find X lebih unggul, karena setara dengan Samsung Galaxy S9+ kelas tertinggi dengan memori internal 256 GB.

RAM

Samsung Galaxy S9+ diluncurkan dengan memori RAM (random acces memory) berkapasitas 6 GB.

Sementara itu, Oppo Find X diluncurkan dengan memori RAM 8 GB. Oppo sengaja menunggu peluncuran Find X lima bulan setelah Galaxy S9+ untuk menampilkan fitur yang lebih di atas S9+ dan RAM adalah salah satunya.

Sistem Operasi

Oppo Find X mengadopsi Android Oreo 8.1, sedangkan Galaxy S9+ mengadopsi Android Oreo 8.0.

Sebuah perbedaan yang tak terlalu signifkan, karena berbeda waktu peluncuran sekitar lima bulan.

Lagi pula, pengguna Galaxy S9+ bisa mengupate sistem operasinya ke Android Orea 8.1 dengan sangat mudah.

Dimensi

Samsung Galaxy S9+ dirancang dengan diimensi (panjangxlebarxtebal) 158,1x73,8x8,5 milimeter dengan berat 189 gram. Bandingkan dengan Oppo Find X 156,7 x 74,2 x 9,4 mm dengan berata 186 gram.

Perbedaan yang relative tipis, karena hanya beda berat sekitar 3 gram dan selisih ketebalan 1 milimeter.

Layar

Samsung Galaxy S9+ menggunakan layer 6,2 inci (2.900x1.440 piksel) berteknologi AMOLED. Layar diproteksi dengan Corning Gorilla Class 5.

Sementara itu, Oppo Find X menggunakan layar 6,42 inci (1.080x2.340 piksel) berteknologi AMOLED dan diproteksi dengan Corning Glass 5.

Layar Oppo Find X lebih lebar karena memang sesuai misi  Oppo yang ingin menjadi pelopor di teknologi ponsel kamera.

Kamera

Samsung Galaxy S9+ mengadopsi teknologi kamera depan (di layar ponsel) berkapasitas 8 megapiksel dan kamera utama atau kamera belakang berkapasitas optik 12 megapiksel.

Bandingkan dengan Oppo Find X yang mengusung kamera depan 16 megapiksel dan kamera utama 20 megapiksel.

Dari segi ini, kapasitas optik kamera Oppo jauh lebih unggul, karena memang Oppo selalu menamakan dirinya sebagai ponsel kamera, bukan sebagai ponsel pintar semata.

File Dokumen

Samsung Galaxy S9+ dibekali aplikasi yang bisa membaca dan mengedit file-file dokumen seperti Word,Power Point dan Excel.

Sementara itu, Oppo hanya dibekali fitur Document Viewer, yang hanya bisa membanca tetapi tidak bisa mengedit dokumen.

Warna

Samsung Galaxy S9+ menawarkan pilihan warna Midnigh Black,Coral Blue,Lilac Purple,Titanum Gray.

Sementara itu, Oppo Find X menawarkan pilihan warna Bordeaux Red, Glacier Blue.

Sembilan poin plus dan minus antara Samsung Galaxy S9+ dan Oppo Find X ini mudah-mudahan bisa memberikan referensi bagi Anda saat berburu ponsel pintar. Abaikan kata orang, karena kebutuhan individual tiap orang terhadap fitur ponsel pintar berbeda satu sama lain.

 

 

Tag : samsung galaxy, oppo
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top