Intel Akan Luncurkan Laptop 5G Tahun Depan

Intel akan meluncurkan laptop jenis 2-in-1 yang didukung fitur teknologi jaringan 5G pada 2019.
Duwi Setiya Ariyanti | 24 Februari 2018 14:16 WIB
/intel.com

Bisnis.com, JAKARTA--Intel akan meluncurkan laptop jenis 2-in-1 yang didukung fitur teknologi jaringan 5G pada 2019.

Seperti dikutip dari keterangan resminya yang diterima Bisnis, Jumat (23/2/2018), Intel menggandeng beberapa vendor ternama seperti Dell, HP, Lenovo dan Microsoft untuk membawa konektivitas 5G melalui modem Intel XMM 8000.

Adapun, komputer itu mulai dipasarkan pada medio 2019. Komputer ini pun mengusung fitur connected PC yakni komputer akan selalu terhubung dengan jaringan internet.

Melalui teknologi tersebut, para pengguna bisa melihat lebih nyata melalui virtual reality (VR) dan kecepatan unduh file berukuran 250 MB dalam hitungan detik meskipun dilakukan di tempat parkir.

Kendati baru resmi dikeluarkan pada tahun depan, Intel bakal memamerkan bocoran fitur-fiturnya pada acara Mobile World Congress (MWC) di akhir bulan ini. Selain dibekali modem 5G, laptop akan diperkuat dengan prosesor Intel generasi ke-8 yakni Core i5.

Pada acara itu pula, rencananya, Intel akan menampilkan siaran langsung video melalui jaringan 5G yang diklaim sebagai teknologi pertama pada segmen laptop 2-in-1.

Nantinya, akan dipamerkan cipset WiFi 820.11AX untuk membawa atmosfer generasi jaringan internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. Terakhir, Intel pun memamerkan eSIM atau kartu SIM elektronik. SIM elektronik memiliki fungsi yang sama dengan kartu SIM berbentuk fisik yang telah ada.

Adapun, eSIM bukanlah teknologi baru karena sebelumnya telah digunakan pada jam pintar yang dikeluarkan Samsung dan Apple. Alat tersebut ditanamkan ke dalam peranti sehingga tak memungkinkan untuk melepas atau menggantinya.

Untuk mengubah nomor atau operator, diperlukan perubahan pada peranti lunak khusus. Penggunaan eSIM bertujuan untuk memudahkan koneksi ke jaringan lokal ketika berpindah tempat lintas negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
intel

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top