Produsen Global Bakal Luncurkan Gawai 5G Berbasis Qualcomm Snapdragon X50 pada 2019

Qualcomm Technologies mengumumkan bahwa keluarga modem 5G NR Qualcomm Snapdragon X50 telah dipilih oleh beberapa produsen global sebagai perangkat 5G NR yang sesuai dengan standar global yang akan meluncur mulai 2019.
Maftuh Ihsan | 11 Februari 2018 17:17 WIB
Qualcomm - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Qualcomm Technologies mengumumkan bahwa keluarga modem 5G NR Qualcomm® Snapdragon™ X50 telah dipilih oleh beberapa produsen global sebagai perangkat 5G NR yang sesuai dengan standar global yang akan meluncur mulai 2019.

Adapun vendor teknologi yang bekerja sama dengan Qualcomm Technologies antara lain adalah Asus, Fujitsu Limited, Fujitsu Connected Technologies Limited, HMD Global – pusat produk Nokia, HTC, Inseego/Novatel Wireless, LG, Netcomm Wireless, NETGEAR, OPPO, Sharp Corporation, Sierra Wireless, Sony Mobile, Telit, Vivo, Wingtech, WNC, Xiaomi, dan ZTE.

Produsen tersebut sedang bekerja untuk mengomersialkan perangkat mobile 5G yang menggunakan modem 5G yang pertama kali diperkenalkan, keluarga modem Snapdragon X50 5G NR, pada spektrum sub-6 GHz dan spektrum millimeter wave (mmWave) dimulai sejak 2019.

“Qualcomm Technologies berkomitmen untuk membantu para konsumen kami menghadirkan pengalaman mobile 5G generasi berikutnya, yang membutuhkan konektivitas mobile broadband 5G NR yang berkualitas tinggi melalui jaringan 5G NR, perangkat mobile, dan modem 5G Snapdragon X50.” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies, Inc., dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (11/2/2018)

Qualcomm Technologies terus menjadi pemimpin di industri mobile dengan produk 5G mobile chipset dan kolaborasi ekosistem 5G untuk mendukung peluncuran perangkat 5G NR secara komersil pada 2019.

Kehadiran 5G akan memperluas perangkat mobile ke semua tipe spektrum termasuk yang baru dan memungkinkan peningkatan pada mobile broadband serta keseluruhan kecepatan unduh untuk para pengguna ponsel pintar.

Teknologi 5G NR juga akan memungkinkan tingkat data multi-gigabit per detik pada latensi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan yang ada saat ini.

Teknologi ini akan sangat penting untuk memenuhi persyaratan konektivitas dalam meningkatkan pengalaman konsumen terhadap mobile broadband seperti virtual reality, augmented reality, konektivitas yang super cepat (fiber-like connectivity), serta memungkinkan layanan baru dengan keandalan tinggi dan latensi rendah.

Selain itu, Always Connected PC dengan latensi rendah yang sangat signifikan akan memungkinkan akses instan ke layanan awan untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan interaksi real time seperti games interaktif, penerjemah suara dan teks secara real time, dan kolaborasi editing secara real time.

Tag : qualcomm, teknologi 5G
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top