Menkominfo Dorong BSSN Perkuat Ketahanan Siber

Sholahuddin Al Ayyubi
Selasa, 9 Januari 2018 | 12:38 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--‎Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk segera menggandeng Badan Ketahanan Siber di lembaga/kementerian lain agar lebih efektif menangkal serangan siber.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai lembaga baru tersebut tidak perlu melakukan investasi teknologi dan mengoperasikan seluruh sistem ketahanan siber. Menurutnya, BSSN hanya perlu membuat kebijakan teknis yang harus ‎dijalankan oleh sektor terkait pada ekosistem keamanan siber tersebut.

"BSSN ini harus memanfaatkan semua kapasitas ekosistem, sehingga BSSN tidak perlu investasi dan mengoperasikan sendiri seluruh sistem ketahanan siber. Jadi BSSN bisa membuat kebijakan ‎teknis untuk sektor terkait," tutur Rudiantara kepada Bisnis.com, Selasa (9/1/2018).

‎Menurutnya, BSSN dapat memanfaatkan teknologi hardware dari luar negeri sedangkan untuk software aplikasi dapat menggunakan developer lokal. Rudiantara memastikan pihaknya akan mendorong agar lembaga itu memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk mengembangkan aplikasi ketahanan siber dari dalam negeri.

"Untuk teknologi yang di deploy, pada umumnya untuk hardware dari luar negeri, sedangkan aplikasi dikembangkan oleh SDM dari dalam negeri. Selain itu juga pengembangan SDM harus jadi concern saat ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper