Intel Investasi US$1 Juta Untuk Ekosistem Kecerdasan Buatan

Muhammad Khadafi
Sabtu, 23 September 2017 | 17:43 WIB
/intel.com
/intel.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan piranti lunak, Intel Corp menanamkan investasi US$1 juta pada perusahaan-perusahaan yang berkontribusi untuk kemajuan kecerdasan buatan. Intel yakin kecerdasan buatan akan membawa peluang baru yang signifikan untuk merubah bisnis, dari ritel, kesehatan sampai manufaktur.

Lebih lanjut, Intel juga menanamkan investasi strategis yang mencakup teknologi, riset, dan pengembangan, serta menjalin kerja sama dengan perusahaan, pemerintah, akademisi, dan kelompok masyarakat. 

“Di Intel, kami berusaha memenuhi komitmen kami terhadap apa yang kami janjikan melalui kecerdasan buatan, mulai dari mengadakan penelitian dalam neuromorphic computing, menjelajahi arsitektur baru dan mempelajari paradigma,” kata Brian Krzanich, Chief Executive Officer Intel Corporation dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (23/9/2017).

Brian melanjutkan kecerdasan buatan akan membuat yang tidak mungkin terjadi menjadi kenyataan.

Dia mencontohkan seperti membantu penelitian kesehatan tentang kanker, parkinso, dan kelainan otak. Selain itu inovasi teknologi ini juga dapat dimanfaatkan untuk upaya ilmiam dalam perubahan iklim, eksplorasi luar angkasa, serta penelian terkait kelautan.

Terkait dengan kecerdasan buatan, Intel memiliki dua pandangan, yakni pragmatis dan optimis. Keduanya memiliki pandangan yang baik akan pengaruh kecerdasan buatan di masyarakat, pekerjaan dan kehidupan keseharian. Tak hanya itu, hal ini juga akan memberikan pengaruh yang signifikan pada industry dan revolusi teknologi komputer personal atau PC.

Dalam pandangannya, Brian percaya bahwa Intel akan menjadi pilihan untuk platform kecerdasan buatan yang menawarkan keamanan dan integrasi yang tidak tertandingi. Intel berkomitmen penuh untuk menciptakan produk yang saling mendukung.

“Kecerdasan Buatan memang masih dalam tahap pertumbuhan. Seiring dengan perkembangannya, kami akan terus melanjutkan kemajuan dari pendekatan yang akan mendukung pengurangan kerumitan beban pekerjaan baik di masa sekarang dan masa depan,” ujar Brian menutup pembicaraan.

Adapun berikut adalah Portofolio Kecerdasan Buatan dari Intel NervanaTM:

  1. Intel Xeon Scable family

Menyediakan prosesor yang sangat scalable untuk mengembangkan daya beban AI dan silicon buatan kami untuk pelatihan deep learning paling intensif, kode “Lake Crest”

  1. Intel Mobileye

Teknologi penglihatan untuk kasus-kasus penggunaan khusus seperti keamanan aktif dan autonomous driving.

  1. Intel FPGAs

Akselerator yang dapat diprogram untuk infrensi deep learning

  1. Intel Movidius

Teknologi penglihatan berdaya rendah yang menyediakan pembelajaran mesin terkemuka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper