Cloudera Luncurkan Altus, Aplikasi Machine Learning di Cloud Publik

Sholahuddin Al Ayyubi
Selasa, 30 Mei 2017 | 13:40 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Cloudera, perusahaan penyedia platform machine learning, meluncurkan Cloudera Altus yang menawarkan Platform-as-a-Service (PaaS) untuk memudahkan industri dalam menjalankan aplikasi pengolahan data skala besar pada cloud publik.

Charles Zedlewski, Senior Vice President Products Cloudera mengemukakan layanan Cloudera Altus dapat membantu teknisi data menggunakan infrastruktur on-demand untuk mempercepat penciptaan dan pengoperasian pipeline data elastis yang mendukung aplikasi canggih berbasis data.

"Altus menyederhanakan proses pembangunan dan pengoperasian pipeline data elastis sembari mempertahankan portabilitas dan memudahkan dalam menggabungkan berbagai elemen teknik data ke dalam BI, sains data dan aplikasi-aplikasi real-time yang lebih kompleks," tuturnya di Jakarta, Selasa (30/5).

Dia menjelaskan aplikasi teknik data seperti ETL (Extract, Transform and Load) atau scoring batch seringkali mencipatakan beban kerja besar pada batch yang berjalan untuk jangka waktu tertentu. Altus dapat membantu perusahaan untuk mengekstrak wawasan penting dari berbagai data mentah.

Selain itu, perusahaan pengguna Altus dapat memperoleh keuntungan fleksibilitas dan efisiensi yang signifikan dengan menjalankan pipeline data tersebut pada infrastruktur yang elastis. Sistem ini membuat perusahaan enterprise yang ingin memanfaatkan infrastruktur cloud bersamaan dengan tools dan teknologi pengolahan data skala besar semakin sederhana.

"Beban kerja teknik data merupakan fondasi bagi aplikasi-aplikasi berbasis data masa kini," katanya.

Menurut data IDC, penyebaran cloud publik saat ini berada di angka sekitar 12% dari keseluruhan pasar software analitik bisnis di seluruh dunia dan diperkirakan akan meningkat sebesar 25% CAGR hingga tahun 2020.

Teknologi cloud merupakan salah satu lingkungan penyebaran yang paling cepat berkembang bagi para pelanggan Cloudera, kemudian teknologi Altus mempermudah dalam menjalankan beban kerja teknik data pada cloud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper