Matematika Berkontribusi Dalam Pengembangan Komputasi dan Data Sains

Agne Yasa
Kamis, 20 April 2017 | 20:56 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Matematika memiliki peranan penting dalam pengembangan komputasi dan data sains, yang menjadi pondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pakar matematika dari Telkom University, Profesor Adiwijaya, mengatakan bahwa matematika merupakan fondasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Teknologi Infomasi dan Komunikasi merupakan salah satu faktor yang signifikan dalam mewujudkan kemandirian bangsa. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat bergantung dari data yang digunakan baik text, audio dan video, sesuai perkembangannya pertumbuhan data akan semakin besar," ujar Adiwijaya melalui rilis yang diterima Bisnis, pada Kamis (20/4/2017).

Dia mengatakan bahwa dari dengan data yang melimpah tantangannya adalah bagaimana mengolah data tersebut agar menjadi informasi.

"Di sini, pemanfaatan matematika penting untuk memperoleh informasi dari data yang berlimpah,” ucap Adiwijaya yang baru dikukuhkan sebagai Profesor bidang Ilmu Matematika usai menyampaikan Orasi Ilmiah dengan tema 'Kontribusi Matematika dalam Pengembangan Komputasi dan Data Sains'.

Adapun Telkom University menerapkan layanan berbasis teknologi informasi dengan sertifikasi internasional terkait layanan berbasis teknologi informasi ISO 20000:1-2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper