Akhir Januari, Kominfo Akan Berdiskusi dengan Facebook

Gloria Natalia Dolorosa
Rabu, 18 Januari 2017 | 09:43 WIB
Facebook/Reuters
Facebook/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan berdiskusi dengan pihak Facebook untuk meredam maraknya berita palsu.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengatakan pertemuan akan digelar pada akhir Januari 2017 setelah kementerian melayangkan surat ke Facebook. Pihak Facebook yang akan datang yakni Facebook Asia Pasifik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga akan melibatkan organisasi masyarakat sipil dalam pertemuan tersebut. Rudiantara mengatakan ada beberapa hal yang akan dibicarakan dengan Facebook untuk menangkis berita-berita palsu (hoax) yang beredar.

"Ada beberapa, seperti yang berkaitan dengan pornografi, perjudian," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (17/1/2017).

Menurut Rudiantara, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Indonesia untuk meredam hoax, terutama berita palsu yang berkaitan dengan terorisme dan radikalisme, dengan pihak Facebook.

Sebab, belum lama ini pemerintah Jerman mengancam akan mengeluarkan aturan yang dapat mendenda Facebook dan perusahaan media sosial lainnya hingga 500.000 euro untuk setiap berita palsu yang beredar.

"Saya memanfaatkan momentum itu. Karena kalau kita sendiri, Indonesia, terus ada negara besar seperti Jerman, tinggal kita nebeng, mendapat perhatian lebih," ujar Rudiantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper