Edarkan Smartphone di Indonesia, BlackBerry dan TiPhone Bentuk Perusahaan Joint Venture

Gombang Nan Cengka
Kamis, 29 September 2016 | 06:36 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-BlackBerry Limited mengumumkan kerja sama dengan PT Tiphone Mobile Indonesia untuk membentuk perusahaan joint venture PT BB Merah Putih. Perusahaan baru ini akan membuat, mendistribusikan dan mempromosikan perangkat bermerek BlackBerry yang menggunakan perangkat lunak  dan aplikasi Android BlackBerry.

PT BB Merah Putih  akan memiliki akses eksklusif penuh terhadap perangkat lunak BlackBerry untuk Android,  untuk produksi handset bagi pasar Indonesia. PT Tiphone Mobile yang akan memimpin joint venture tersebut adalah afiliasi dari PT Telekomunikasi Indonesia, yang merupakan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Dalam siaran persnya BlackBerry menyebutkan bahwa kerja sama ini mempercepat fokus BlackBerry secara keseluruhan dalam mendorong perkembangan perangkat lunak, terutama dalam mengembangkan dan memberikan lisensi software perangkat, melalui divisi bisnis Mobility Solutions. 

John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry menyebutkan kemitraan ini, yang akan memperluas jangkauan dan ketersediaan perangkat lunak mobilitas perusahaannya, adalah fokus utama bagi divisi Mobility Solutions. 

Sementara itu Tan Lie Pin, CEO PT Tiphone Mobile Indonesia melihat kerja sama ini sebagai kesempatan berarti. "kemitraan ini memungkinkan kita untuk memberikan pengalaman seluler yang diharapkan oleh para pelanggan kami dengan produktifitas dan keamanan yang disediakan oleh merek BlackBerry,” dikatakan Tan Lie Pin. "Kami berharap untuk menghasilkan perangkat inovatif dan berkualitas tinggi bagi para pelanggan kita di Indonesia.”

Kerja sama BlackBerry dengan Tiphone ini kiranya akan membantu perusahaan Kanada tersebut untuk memenuhi ketentuan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel, yang ditetapkan tanggal 26 Juli 2016 lalu. BlackBerry sendiri menyebut bahwa joint venture ini mendukung usaha pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pembuatan barang menggunakan sumber lokal, dan juga meningkatkan jumlah ponsel pintar LTE yang tersedia dan terjual di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : BlackBerry
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper