Browser Opera, Kini Dilengkapi Jaringan Privat Terintegrasi

Gombang Nan Cengka
Selasa, 20 September 2016 | 20:28 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Setelah sebelumnya tersedia di versi pengembang, Opera resmi meluncurkan fitur layanan pribadi virtual (VPN) gratis untuk browser komputer versi stabil. Opera 40 untuk Windows, Mac, dan Linux sudah bisa menggunakan fitur VPN ini. Opera adalah browser terkemuka pertama yang meluncurkan layanan VPN terintegrasi pada browser. 

Layanan VPN (Virtual Private Network) biasanya digunakan untuk mengakses jaringan komputer pribadi atau korporasi melewati internet. Namun cukup banyak pengguna yang menggunakan VPN untuk melindungi privasinya ketika menjelajahi internet.

Menurut posting blog Opera, fitur VPN pada Opera misalnya bisa digunakan untuk menyembunyikan alamat IP asli pengguna. Ini menyulitkan situs web untuk melacak lokasi dan mengidentifikasi komputer yang sedang digunakan. Fitur VPN ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan ketika berselancar menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Jaringan Wi-Fi seperti ini kerap kali memiliki lubang keamanan yang memungkinkan pihak lain menyadap data pribadi penggunanya. 

Ketika diaktifkan, VPN pada Opera untuk komputer akan membuat sambungan aman ke salah satu dari lima lokasi server Opera di seluruh dunia. VPN memungkinkan pengguna untuk memilih lokasi mana yang akan muncul di internet untuk memberikan pengguna dukungan privasi online dan keamanan serta memudahkan akses konten.

Di versi terbaru Opera untuk Komputer ini, pengguna juga dapat membiarkan Opera memilih sendiri lokasi server mana yang paling optimal berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan jaringan, waktu tunda, lokasi dan kapasitas server. Pada saat layanan VPN digunakan dalam mode lokasi otomatis, browsing melalui VPN akan dapat memberikan kecepatan maksimum yang tersedia.

"Berdasarkan survey yang kami lakukan, kami tahu bahwa pengguna internet peduli tentang privasi online mereka dan kebutuhan untuk VPN juga meningkat," ujar Krystian Kolondra, Senior Vice President Opera untuk Komputer, menyatakan dalam siaran pers.  "Namun, ada dua hambatan utama yang menghalangi orang untuk menggunakan VPN. Pertama, mereka merasa bahwa VPN terlalu rumit untuk digunakan, dan yang kedua mereka harus berlangganan bulanan. Opera menyelesaikan kedua masalah ini dengan memperkenalkan layanan VPN gratis yang juga mudah penggunaannya dan langsung terintegrasi pada browser."

Opera pertama kali  mengintegrasikan fitur VPN ini pada versi pengembang browser komputernya pada bulan April 2016. Pada bulan Mei perusahaan ini juga menawarkan aplikasi VPN gratis untuk Apple iOS. Sementara layanan VPN gratis yang sama juga tersedia untuk Android pada bulan Agustus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Rustam Agus
Sumber : Opera
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper