Pesawat Bertenaga Surya Solar Impulse-2 Akhiri Perjalanan Keliling Dunia

Newswire
Minggu, 24 Juli 2016 | 13:29 WIB
Solar Impulse-2/solarimpulse.com
Solar Impulse-2/solarimpulse.com
Bagikan

Bisnis.com, KAIRO - Pesawat Solar Impulse-2 mengakhiri perjalanan spektakulernya berkeliling dunia hanya dengan mengandalkan tenaga surya sebagai bahan bakar. 

Solar Impulse-2, pesawat kecil berbahan bakar penuh tenaga surya, meninggalkan Mesir pada Minggu (24/7/2016),  yang menjadi titik akhir penerbangan keliling dunia pertama dilakukan pesawat bebas-minyak.

Pesawat dengan kursi tunggal itu lepas landas dari Kairo untuk menembus kegelapan menuju Abu Dhabi, tujuan terakhirnya, dengan penerbangan diperkirakan memakan waktu 48 hingga 72 jam.

Penerbangannya diawali di Abu Dhabi pada Maret 2015, dipiloti bergantian oleh penerbang asal Swiss, Andre Borschberg dan Bertrand Piccard, dalam kampanye mereka membangun dukungan terhadap teknologi energi bersih.

Solar Impulse terbang tanpa setetes pun bahan bakar minyak, keempat mesinnya hanya mengandalkan tenaga surya, yang dikumpulkan melalui panel dengan lebih dari 17.000 sel surya di sayapnya.

Sinar matahari diserap pada siang hari kemudian disimpan dalam baterai, yang akan dialirkan sebagai tenaga listrik untuk menerbangkan pesawat pada malam hari.

Pesawat berbahan serat karbon dengan bentangan sayap melebihi Boeing 747 dan bobotnya setara mobil keluarga ini, dapat terangkat setinggi 8.500 meter dan melaju dengan kecepatan sekitar 55-100 kilo meter per jam.

"Proyek ini merupakan promosi besar-besaran mengenai teknologi bersih di seluruh dunia dan Solar Impulse merupakan ciptaan masyarakat internasional," kata Piccard.

Pekan lalu pesawat itu mendarat di Mesir untuk pemberhentian kedua dari akhir dan keberangkatan dari Mesir menuju Uni Emirat Arab terlambat karena gelombang panas di Arab Saudi.

"Saya mulai memimpikan proyek ini 17 tahun yang lalu yaitu pada 1999 ketika saya mengakhiri perjalanan dengan balon udara yang mendarat di Mesir, dan kini 17 tahun kemudian saya lepas landas di tempat balon udara itu mendarat," kata Piccard.

Berita terkait silakan klik Pesawat Bertenaga Surya: Keliling Dunia, Solar Impulse 2 Mendarat Di Arizona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper